Selasa 10 September 2019, 19:10 WIB

APJI Jakarta Pacu Mutu dan Daya Saing Anggota

Mediaindonesia.com | Megapolitan
APJI Jakarta Pacu Mutu dan Daya Saing Anggota

Ist
APJI Jakarta Pacu Mutu dan Daya Saing Anggota

 

KETUA Umum DPD Asosiasi Pengusaha Jasaboga Indonesia (APJI) DKI Jakarta, Tashya Megananda, menyatakan, pihaknya akan menjalin kolaborasi dan memperkuat sinergi antaranggota, pemerintah, dan asosiasi sebagai program utama APJI Jakarta di bawah kepengurusannya.

"Kami juga mengutamakan pelatihan untuk meningkatkan kualitas atau competitiveness (daya saing) anggota APJI DKI," ujar kata Tashya seusai dilantik menjadi Ketua Umum DPD APJI Jakarta, di Balai Kartini Jakarta, Selasa (10/9).

Kepengurusan DPD APJI Jakarta itu dikukuhkan oleh Deputi Bidang Industri, Perdagangan, dan Transportasi DKI Jakarta, Sutanto Suhodo, yang mewakili Gubernur DKI, Anies Baswedan. Dalam kesempatan itu juga dilakukan nota kesepahaman (MoU) dengan Kadin DKI Jakarta.

Tasya menjelaskan, untuk meningkatkan kualitas atau daya saing anggota APJI Jakarta, pihaknya akan menyelenggarakan pendidikan dan latihan untuk pembinaan dan peningkatan kemampuan pengusaha Indonesia di bidang jasa boga seperti food safety, food packaging, dan product branding.

"Kami juga bakal melakukan kegiatan lain yang bermanfaat seperti, bimbingan pengembangan usaha bagi anggota APJI DKI Jakarta," ujar dia.

Ia yakin berbagai upaya tersebut bisa membantu mewujudkan kolaborasi dan sinergi antarpelaku usaha jasa boga, dengan semua unsur lain baik dari sisi pemerintah maupun swasta.

Kami harap setiap elemen yang tergabung di dalam keanggotaan APJI DKI Jakarta maupun pihak luar yang berkolaborasi nantinya dapat merasakan manfaat dari kerja sama yang sudah terjalin dan pada masa mendatang," ujar Tashya.

 

Baca juga:   Tahun Ini Dinas Perhubungan DKI Tambah 81 Titik Kamera E-TLE

 

Pada kesempatan itu, Tashya juga berharap pemerintah memberi kemudahan pengurusan sertifikasi halal karena diakui tidak mudah bagi kalangan pengusaha memperoleh sertifikasi halal.

Saat ini baru sekitar 40% anggota APJI yang mengantongi sertifikasi halal. Hal inilah yang mendorongnya agar seluruh anggota APJI bisa memiliki sertifikasi. Bahkan, lanjut dia, bagi pelaku usaha yang belum tercatat jadi anggota APJI akan diberi kemudahan mengurus sertifikasi halal tersebut.

"Mendapatkan sertifikasi halal itu tidaklah mudah. Itu yang harus kita perjuangkan bagaimana agar semuanya bisa terakomodasi," kata Tashya.

Ia pun berjanji diawal kepemimpinannya akan memperjuangkan anggotanya bisa dengan mudah memperoleh sertifikasi halal. Upaya yang dilakukan antara lain dengan melakukan sosialisasi kepada para anggota tentang bagaimana memperoleh sertifikasi tersebut.

"Mendapatkan sertifikasi halal juga salah satu program utama. Selain itu kami terus meningkatkan kerjasama dengan salah satu mitra yakni ACS (PT Aerofood Indonesia)," terang Tashya.

Saat ini, lanjut dia, APJI Jakarta memiliki 350 anggota yang terdiri atas perusahaan besar hingga usaha kecil menengah dan mikro. Secara nasional, APJI sudah memiliki kepengurusan di 24 DPD seluruh Indonesia.

Anggota APJI di antaranya industri katering, wedding, restoran, dan coffee shop.

"Beberapa anggota APJI juga menghasilkan produk-produk antara lain frozen food dan bumbu rempah asli Indonesia untuk tujuan ekspor. Bahkan ada anggota kami masuk ke bidang logistik seperti cold storage dan packaging," tutur Tashya. (RO/OL-1)

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More