Rabu 11 September 2019, 21:07 WIB

Habibie, Dari Hobi Mandi di Sungai jadi Penunggang Moge

Marzuqi Abdillah | Weekend
Habibie, Dari Hobi Mandi di Sungai jadi Penunggang Moge

ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja
BJ Habibie

SETIAP orang pasti memiliki kegemaran, tak terkecuali Presiden ke-3 RI BJ Habibie. Berikut kegemaran dan kebiasaan Habibie dari semasa kecil hingga dewasa, yang dirangkum dari berbagai sumber:

1. Mandi di Sungai
Sejak usia 8 tahun, BJ Habibie senang berenang. Habibie kecil biasa berenang di sungai. Kala itu, sungai bersih dengan air segar masih gampang dijumpai di tempat tinggalnya saat kecil, Parepare, Sulawesi Selatan. Ada alasan tersendiri, Habibie mengaku enggan mandi di rumah karena malas menimba air di sumur.

Kebetulan, ia juga bertugas memandikan kuda. Sehingga usai memandikan kuda, giliran ia menikmati kejernihan dan kesegaran air sungai. Hobi itu ternyata berlanjut hingga dewasa, namun tidak lagi di sungai melainkan berenang di kolam. Hingga di masa-masa sibuk karirnya, Habibie rutin menyempatkan waktu berenang yang bahkan bisa ia jalani selama tiga jam.

2. Main Pesawat
Habibie mengungkap ia suka sekali main pesawat. Itu adalah hobi di masa kecilnya yang akhirnya memicu dirinya untuk membuat pesawat sendiri.

3. Suka kuliner
Habibie punya makanan favorit, yakni ikan dan sayuran. Gemar makan ikan adalah kebiasaannya sejak kecil. Kegemaran itu terbawa sampai Habibie dewasa. Ketika mengenyam pendidikan di Jerman, Habibie pun selalu menyempatkan makan olahan ikan. Bahkan ketika sudah menikah dengan Ainun, kebiasaan makan ikan masih terus berjalan. Kandungan nutrisi yang tinggi pada ikan disebut-sebut juga jadi sumber kecerdasan Habibie. Hal ini pun membuat banyak orang tua terinspirasi dan lebih banyak memberikan menu ikan pada anaknya dengan harapan bisa memiliki otak cerdas seperti Habibie.

4. Membaca
Habibie juga hobi sekali membaca. Bahkan Habibie menghabiskan waktu sekitar 7,5 jam sehari untuk membaca maupun menulis. Tak heran, ia tumbuh menjadi manusia dengan wawasan dan pengetahuan luas. Selain tentunya, keilmuan teknis yang tidak perlu diragukan lagi.

5. Tidak Banyak Tidur
Sejak kecil, Habibie hanya membutuhkan waktu 4-5 jam untuk tidur. Sisanya, ia menggunakan inderanya untuk menyerap lingkungan sekitar dan menganalisanya. Itu pula yang membuatnya punya kecerdasan dan pemikiran tajam.

6. Ibadah
Habibie juga dikenal sebagai sosok yang tidak tawar menawar dalam hal ibadah. Salat lima waktu menjadi hal utama selama hidupnya. Ia juga gemar melakukan ibadah sunah seperti Salat Malam dan Puasa Senin/Kamis.

7. Fotografi
Hobi itu memang seolah tertutup dengan segala kesibukan dan aktivitas padatnya. Ia telah akrab dengan fotografi sejak ia berada di Jerman. Apapun bisa menjadi objek jepretan, dari tanaman, burung, bunga, hingga sayap pesawat terbang.

8. Motor Besar
Soal hobi, Habibie cukup unik. Lantaran, ia sangat menggagumi motor gede (moge). Meski tubuhnya terbilang mungil, Habibie nggak pernah ragu menggeber Harley Davidson-nya, memboncengi mendiang istri tercinta, Ibu Ainun. Bahkan beliau pernah memboncengkan mantan presiden kedua Indonesia, Soeharto menggunakan moge.

9. Mercedes-Benz
Tak hanya dikenal sebagai insinyur saja, BJ Habibie juga dikenal sebagai kolektor mobil antik yang tergila-gila dengan salah satu merek mobil Jerman, Mercedes-Benz. (M-1)

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More