Rabu 11 September 2019, 22:40 WIB

Pria Taiwan Diselidiki dan Ditahan di Negeri Tirai Bambu

Pria Taiwan Diselidiki dan Ditahan di Negeri Tirai Bambu

AFP
LEE Meng Chu

 

LEE Meng Chu, seorang pria Taiwan yang hilang bulan lalu setelah menyeberang ke Tiongkok dari Hong Kong, sedang diselidiki untuk kegiatan yang membahayakan keamanan negara.

Sebelumnya Tiongkok dilaporkan telah menahan seorang pria Taiwan atas tuduhan keamanan negara setelah ia dilaporkan membagikan foto-foto peralat-an pasukan 'Negeri Tirai Bambu' di perbatasan Hong Kong.

Lee belum terdengar kabar sejak dia memasuki kota perbatasan Shenzhen di daratan Tiongkok pada 19 Agustus, menurut Dewan Urusan Tiongkok Daratan Taiwan.

"Lee Meng Chu sedang diselidiki sesuai dengan hukum karena ia diduga terlibat dalam kegiatan kriminal yang membahayakan keamanan negara," kata Ma Xiaoguang, juru bicara kantor urusan Taiwan di Beijing.

Beijing telah mengecam Taiwan karena menawarkan suaka kepada orang-orang Hong Kong yang menghadapi penuntutan karena terlibat dalam protes antipemerintah. Tiongkok mengatakan kepada para pemimpin pulau itu untuk berhenti mencampuri urus-an wilayah.

Sementara itu, Taipei menyerukan Beijing untuk segera dan sepenuhnya menjelaskan mengapa dan di mana Lee ditahan.

Kantor Kepresidenan Taiwan mengatakan dalam sebuah pernyataan pihak mereka sangat peduli dengan warga negara kami, Lee Meng Chu yang telah ditahan Tiongkok.

Taiwan telah menjalankan pemerintahan sebagai negara yang merdeka secara de facto selama tujuh dekade terakhir, tetapi Beijing tetap memandang wilayah itu sebagai bagian dari wilayahnya yang harus disatukan kembali, jika perlu dengan kekerasan.

Hubungan antara daratan yang dipimpin Partai Komunis dan Taiwan yang menganut demokrasi sering-kali tegang.

Berita penahanan Lee datang pada saat yang sensitif bagi Tiongkok karena Hong Kong terjerumus dalam kerusuhan sipil berbulan-bulan.(AFP/Hym/I-1)

Baca Juga

AFP/Phill Magakoe

Komisi Uni Afrika Kutuk Kekerasan di Nigeria

👤Nur Aivanni 🕔Kamis 22 Oktober 2020, 16:52 WIB
Dalam dua pekan terakhir, warga Nigeria berunjuk rasa dengan tuntutan pembubaran SARS. Namun, muncul sejumlah korban jiwa akibat tindakan...
AFP/Andrew Harnik

Intelijen Amerika Endus Iran dan Rusia Ganggu Pilpres

👤Mediaindonesia.com 🕔Kamis 22 Oktober 2020, 16:43 WIB
Pihaknya mengaku sudah melihat Iran mengirimkan surat-surat elektronik palsu. Ini dirancang untuk mengintimidasi para pemilih, menghasut...
AFP/Miguel Medina

Penyerangan Dekat Kedubes Israel di Paris, Warga Inggris Ditangkap

👤Wisnu AS 🕔Kamis 22 Oktober 2020, 13:42 WIB
Diketahui, dua mobil melaju ke arah sejumlah polisi militer pada Senin (19/10) di depan Kedutaan Besar...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya