Rabu 11 September 2019, 20:13 WIB

BJ Habibie Wafat, Pemerintah Tetapkan Hari Berkabung Nasional

Dhika Kusuma Winata | Politik dan Hukum
BJ Habibie Wafat, Pemerintah Tetapkan Hari Berkabung Nasional

MI/M.Irfan
Presiden RI ke-3 BJ Habibie

 

PEMERINTAH menetapkan Hari Berkabung Nasional sehubungan dengan wafatnya Presiden RI ke-3 BJ Habibie. Hari duka nasional itu berlaku selama tiga hari mulai 12 September hingga 14 September 2019.

Hal itu tertuang dalam surat yang diteken Menteri Sekretaris Negara Pratikno bernomor B-1010/M.Sesneg/Set/TU0010912019 tertanggal 11 September 2019.

Surat ditujukan kepada seluruh pimpinan lembaga negara, para menteri, Panglima TNI, Kapolri, pejabat lembaga nonkementerian, BUMN, dan perwakilan pemerintah di luar negeri.

Baca juga : NasDem Ikut Berbelasungkawa atas Wafatnya BJ Habibie

"Gubernur, Bupati, dan Walikota agar menyampaikan kepada masyarakat luas untuk mengibarkan Bendera Negara setengah tiang selama tiga hari. Pada kurun waktu tersebut juga dinyatakan sebagai Hari Berkabung Nasional," kata Mensesneg Pratikno dalam surat tersebut.

Penetapan itu untuk memberikan penghormatan setinggi-tingginya kepada BJ Habibie yang wafat pada 11 September 2019 di Jakarta.

Sesuai dengan Pasal 12 ayat (4), ayat (5), dan ayat (6) Undang-Undang Republik lndonesia Nomor 24 Tahun 2009 tentang Bendera, Bahasa, dan Lambang Negara, serta Lagu Kebangsaan, kepada para pimpinan lembaga negara baik pusat maupun daerah diminta untuk mengibarkan bendera Merah Putih setengah tiang selama tiga hari berturut-turut. (OL-7)

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More