Rabu 11 September 2019, 14:41 WIB

Bea Cukai Juanda Musnahkan Air Softgun

Heri Susestyo | Nusantara
Bea Cukai Juanda Musnahkan Air Softgun

MI/Heri Susetyo
Pemusnahan 12 barang sitaan oleh petugas Bea Cukai Tipe Madya Pabean Juanda di Kabupaten Sidoarjo, Rabu (11/9).

 

PETUGAS Bea Cukai Tipe Madya Pabean Juanda di Kabupaten Sidoarjo memusnahkan sejumlah barang bukti hasil sitaan seperti air softgun dan senjata tajam, alat pemuas seks, proyektil, dan sejumlah barang sitaan lainnya, Rabu (11/9).

Ada 12 item barang sitaan yang dimusnahkan secara simbolis di halaman kantor Bea Cukai Tipe Madya Pabean Juanda. Barang-barang sitaan tersebut dimusnahkan dengan cara dibakar, dipotong, dilebur, dibubur dan ditanam.

Barang yang dimusnahkan di antaranya 236 potong air softgun dan senjata tajam, 550 sex toys, 214 barang elektronik, dan 134 potong spare part kendaraan. Selain itu ada ganja cair yang dicampurkan dengan vape, satu pack proyektil yang dimusnahkan dengan cara dilebur, kosmetik dan obat, rokok, pakaian dan barang lainnya. Barang-barang itu hasil sitaan petugas sejak awal 2019 lalu.

Barang-barang tersebut sebelumnya disita petugas bea cukai karena dilarang penggunaannya di Indonesia. Selain itu ada barang yang tidak membayar bea dan cukai sehingga dinilai ilegal dan menjadi milik negara.

baca juga: Serapan Anggaran BPBD Babel Sudah 75%

Pemusnahan barang sitaan ini dilakukan secara simbolis. Pemusnahan barang keseluruhan dilakukan di tempat pemusnahan Jalan Malik Ibrahim Desa Kwangsan Kecamatan Sedati Kabupaten Sidoarjo. Seluruh barang sitaan tersebut diangkut empat unit mobil boks untuk dibawa ke tempat pemusnahan.

"Nilai barang-barang yang dimusnahkan ini Rp300 jutaan," kata Kepala Kantor Bea dan Cukai Pabean Madya Juanda Budi Harjanto. (OL-3)

 

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More