Rabu 11 September 2019, 15:45 WIB

Desa Miskin Jadi Sasaran Kegiatan KBM Klaten Bersinar

Djoko Sardjono | Nusantara
Desa Miskin Jadi Sasaran Kegiatan KBM Klaten Bersinar

MI/Djoko Sardjono
Bupati Sri Mulyani menyerahkan secara simbolis alat kerja kepada anggota TNI dan Linmas pada pembukaan KBM Klaten Bersinar 2019.

 

KOMANDO Daerah Militer (Kodim) 0723 Klaten bersama Pemerintah Kabupaten Klaten, Jawa Tengah, mengadakan kegiatan Karya Bakti Mandiri (KBM) Klaten Bersinar di Desa Kupang, Kecamatan Karangdowo.

Upacara pembukaan KBM Klaten Bersinar dilaksanakan di Lapangan Munggung, Karangdowo, Rabu (11/9), dipimpin Bupati Sri Mulyani dan dihadiri Dandim Letkol (Kav) Minarso dan Wakapolres Kompol Zulfikar.

Sasaran kegiatan fisik karya bakti di Desa Kupang yakni betonisasi jalan 900 meter dan lebar tiga meter, talud 400 meter, perbaikan rumah tidak layak huni 10 unit, jambanisasi keluarga lima unit dan rehab satu tempat ibadah.

"KBM Klaten Bersinar di Desa Kupang dilaksanakan 11 September hingga 8 Oktober 2019. Setiap hari tenaga kerja yang terlibat 117 orang dari unsur TNI, Polri, aparat desa dan masyarakat," kata perwira pelaksana KBM Kapten (Inf) Rudiyanto.

Sementara itu, Bupati Sri Mulyani mengatakan kegiatan KBM Klaten Bersinar bertujuan membantu percepatan pembangunan, meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan menumbuhkan semangat gotong royong masyarakat.

Baca juga:  62 Sekolah Meriahkan Festival Ketoprak Pelajar di Klaten

Di sisi lain, kegiatan KBM Klaten Bersinar merupakan wadah yang mengakomodasi aspirasi masyarakat. Karena itu, program kegiatan karya bakti yang terarah dan terencana itu diharapkan dapat memenuhi harapan warga desa tersebut.

"Untuk tercapainya tujuan KBM Klater Bersinar, saya mengimbau segenap instansi terakit, camat, kepala desa dan masyarakat untuk berperan secara aktif dalam pelaksanaan kegiatan bakti sosial di Desa Kupang," imbuhnya.

Desa Kupang menjadi sasaran kegiatan KBM Klaten Bersinar 2019 karena desa berpenduduk sekitar 2.500 jiwa itu merupakan salah satu dari 88 desa merah atau miskin di Kabupaten Klaten.

"Ya, benar bahwa Desa Kupang merupakan desa miskin. Di Kecamatan Karangdowo, selain Desa Kupang masih ada dua desa lagi yang berkategori miskin, yaitu Desa Demangan dan Desa Bulusan," ungkap Camat Karangdowo, Tomisila.(OL-5)

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More