Rabu 11 September 2019, 13:08 WIB

Nawawi Pomolango Setujui Revisi Sebagian UU KPK

Putra Ananda | Politik dan Hukum
Nawawi Pomolango Setujui Revisi Sebagian UU KPK

MI/Susanto
Calon Pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Nawawi Pomolango

 

CALON Pimpinan (Capim) Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Nawawi Pomolango menyampaikan pandangannya terkait revisi UU KPK. Dirinya setuju UU Nomor 30 Tahun 2002 tentang KPK perlu direvisi sebagian.

"Saya setuju revisi tidak secara keseluruhan. Terkait SP3 saya setuju," ujar Namawi dalam uji kelayakan capim KPK di Komisi III DPR, Senayan, Jakarta, Rabu (11/9).

Namawi melanjutkan, DPR RI tidak perlu melakukan revisi terkait koordinasi penuntutan antara KPK dan Kejaksaan Agung (Kejagung).

Adanya kewajiban koordinasi KPK dengan Kejagung dikatakan Nawawi dapat menghilangkan independesi KPK.

Baca juga: Capim KPK Nawawi Pomolango Coba Yakinkan Komisi III DPR

"Penuntutan yang harus dikordinasikan dengan Kejagung, ini harus dipikir-pikir dulu. Di mana independensi KPK kalau penuntutan dikoordinasikan?" paprnya.

Menurut Namawi, penting bagi KPK memiliki kewenangan menghentikan penyelidikan melalui penerbitan SP3. Hal itu dilakukan untuk menjamin kepastian hukum bagi tersangka KPK.

"Jadi dalam posisi ada yang it's OK, ada yang OK, Pak. Tetapi yang khusus SP3 itu yang saya pikir harus ada," katanya. (OL-2)

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More