Rabu 11 September 2019, 12:05 WIB

Mempopulerkan Keragaman Musik Etnis di Boston

Siswantini Suryandari | Hiburan
Mempopulerkan Keragaman Musik Etnis di Boston

Dok Berklee Indonesian Community
Pertunjukkan musik dari Berklee Indonesian Community

 

KOMUNITAS Indonesia di Boston, Amerika Serikat akan menggelar Indonesian Cultural Night pada 2 Oktober 2019 di Berklee Performance Center, Boston. Dalam keterangan resmi, Bernard Jonathan selaku Presiden Berklee Indonesian Community yang menggas perhelatan Indonesian Cultural Night. Bernard merupakan mahasiswa jurusan komposisi jazz di Berklee College of Music menggagas Indonesian Cultural Night karena kurangnya apresiasi masyarakat Boston terhadap seni budaya Indonesia.

Bernard dan dua sahabatnya, Timotius Simanjuntak dan Kinski Onggara sepakat membentuk satu ansambel khusus untuk pertunjukkan Indonesian Cultural Night ini. Ansambel ini dinamakan Berklee Indonesian Ensemble, terdiri dari musisi-musisi muda Indonesia yang sedang menempuh pendidikan tinggi di Berklee College of Music. Selain musisi Indonesia, ada banyak musisi internasional yang bergabung di ansambel ini.

"Indonesian Cultural Night bertujuan untuk mengawinkan bunyi-bunyian khas Ibu Pertiwi dengan musik barat melalui komposisi atau aransemen. Para komponis dan penata musik di grup tersebut mengambil aspek-aspek musik tradisional dari berbagai daerah Indonesia seperti Sumatera, Jawa, Bali, Kalimantan, dan Papua, lalu mengawinkannya dengan harmoni dan struktur musik Barat," kata Bernard.

Kedua, lanjut Bernard adalah dari segi instrumentasi. Musik yang ditampilkan oleh grup ini menggunakan alat musik Barat seperti drum, bass, piano, serta alat musik tradisional Tanah Air seperti gamelan, gendang, dan suling.

Dalam dua jilid pertama Indonesian Cultural Night yang diselenggarakan pada tahun 2017 dan 2019, Berklee Indonesian Ensemble mengambil lagu-lagu daerah untuk diaransemen oleh beberapa komponis dari ansambel tersebut. Dua konser di atas mendapat respons positif dan ulasan luar biasa dari para penikmat musik di Boston. Lebih dari 300 penonton baik mahasiswa, akademisi, peneliti musik, dan masyarakat umum menghadiri konser tersebut. Dan pertunjukkan ketiga akan digelar pada 2 Oktober 2019 di  Berklee Performance Center, Boston. Sebuah panggung musik bergengsi yang kerap menjadi ajang unjuk gigi musisi dunia.

baca juga: Belum Cicipi Makanan Indonesia, NCT Dream Kecewa

Selain menyelenggarakan Indonesian Cultural Night, Berklee Indonesian Ensemble aktif berpartisipasi dalam berbagai agenda yang sesuai dengan visi misinya, yaitu menyebarluaskan kesenian Indonesia di Amerika Serikat. (OL-3)

 

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More