Rabu 11 September 2019, 09:14 WIB

Gara-Gara Narkoba, Ribuan Pemuda di Pidie Alami Gangguan Jiwa

Amiruddin Abdullah Reubee | Nusantara
Gara-Gara Narkoba, Ribuan Pemuda di Pidie Alami Gangguan Jiwa

Antara
Dua orang residen pecandu narkoba mengikuti program konseling kesehatan dan rehabilitasi.

 

KASUS penyalahgunaan narkoba di Kabupaten Pidie, Provinsi Aceh cukup memprihatinkan. Berdasarkan data Badan Narkotika Nasional Kabupaten Pidie, sebanyak 2.516 warga pengguna narkoba mengalami gangguan jiwa. Lebih parah lagi sebagian besar mereka yang gangguan jiwa atau gila itu adalah pemuda dari keluarga kurang mampu. Selain sebagai pengguna, tidak sedikit para pemuda ini aktif menjadi pengedar dan menjadi kaki tangan bandar besar.

Kepala BNNK Pidie, AKBP Werdha Susetyo mengatakan, sebagian pemuda pecandu narkoba mengalami gangguan jiwa akibat narkoba itu sedang direhabilitasi. Ada pula pasien yang menjalani rawat jalan.

"Sangat disayangkan tingkat partisipasi warga untuk memberantas narkoba tergolong rendah. Masih banyak orang yang takut terlibat langsung memberantas narkoba," kata Werdha, Rabu (11/9).

Banyaknya pemuda di Kabupaten Pidie tergiur menjadi pengedar dan pemakai narkoba, lantaran bisnis barang haram ini sangat luas dan kuat jaringannya.

baca juga: Satgas Kekeringan Babel Bagikan Ribuan Masker

"Banyak profesi yang ikut bermain di dalamnya. Atau ikut menikmati uang dari bisnis itu dan mengalir kemana-mana," kata Adi, pemerhati narkoba di Aceh. (OL-3)

 

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More