Selasa 10 September 2019, 19:59 WIB

Empat Kabupaten/Kota di Papua Masih Alami Pemblokiran Internet

Dhika Kusuma Winata | Humaniora
Empat Kabupaten/Kota di Papua Masih Alami Pemblokiran Internet

AFP/Dasril Roszandi
Aktivis mengkampanyekan pembukaan internet di Papua

 

KEMENTERIAN Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) kembali membuka pemblokiran layanan data internet di wilayah Papua dan Papua Barat.

Pembukaan secara bertahap dilakukan sejak Rabu (4/9) dan terus berlanjut hingga Selasa (10/9). Hingga saat ini, pemblokiran masih tersisa di empat kabupaten/kota.

"Untuk wilayah Papua, masih terdapat dua kabupaten/kota yang diblokir yakni Kabupaten Jayapura dan Kota Jayapura. Begitu juga halnya dengan dua kota di Papua Barat yakni Manokwari dan Sorong masih harus terus dipantau situasinya dalam satu atau dua hari ke depan," kata Plt Kepala Biro Humas Kemenkominfo Ferdinandus Setu melalui siaran pers di Jakarta, Selasa (10/9).

Meski begitu, Ferdinandus mengatakan situasi dan kondisi keamanan kian kondusif sehingga pemerintah menambah normalisasi layanan internet.

Baca juga : Jokowi Janjikan 1.000 Sarjana Papua Kerja di BUMN

Di wilayah Kabupaten Jayawijaya dan Kabupaten Mimika di Provinsi Papua yang sudah kondusif, pemerintah akan membuka pemblokiran internet terhitung mulai Selasa (10/9) Pukul 21.00 WIT.

Berdasarkan data Kemenkominfo, dari 29 kabupaten/kota di wilayah Papua, sebanyak 27 daerah yang sudah dilakukan normalisasi layanan. Meliputi daerah Keerom, Puncak Jaya, Puncak, Asmat, Boven Digoel, Mamberamo Raya, Mamberamo Tengah, Intan Jaya, Yalimo, Lanny Jaya, dan Mappi.

Kemudian di Tolikara, Nduga, Supiori, Waropen, Merauke, Biak Numfor, Yapen, Sarmi, Paniai, Dogiyai, Deiyai, Pegunungan Bintang, Yahukimo, Nabire, Jayawijaya dan Mimika.

Sementara itu, dari 13 kabupaten/kota di wilayah Papua Barat, sebanyak 11 wilayah yang sudah dibuka akses layanan data internetnya. Meliputi Fak Fak, Sorong Selatan, Raja Ampat, Teluk Bintuni, Teluk Wondama, Kaimana, Tambrauw, Maybrat, Manokwari Selatan, Pegunungan Arfak dan Kabupaten Sorong. (OL-7)

Baca Juga

Antara/Ari Bowo

Update Covid-19, Pasien Sembuh Capai 7.308 Orang

👤Yanti Nainggolan 🕔Minggu 31 Mei 2020, 16:27 WIB
Data per Minggu (31/5), juga menunjukkan penambahan 700 kasus positif. Sehingga, total kasus covid-19 di Indonesia sebanyak 26.473...
MI/Mohamad Irfan

Pengamalan Nilai-Nilai Pancasila Jadi Solusi Masalah Bangsa

👤mediaindonesia.com 🕔Minggu 31 Mei 2020, 15:29 WIB
Bila setiap anak bangsa memahami kepentingan bangsa lebih besar daripada pribadi, tentunya saat ini kita tidak lagi sibuk memaksa orang...
medcom.id

Penerapan New Normal, IDI: Harus Ada Timing Tepat

👤Fachri Audhia Hafiez 🕔Minggu 31 Mei 2020, 14:36 WIB
Daeng mengatakan, fase new normal diterapkan saat kurva penularan minim. Data basic reproduction number (R0) / basic reproductive rate (Rt)...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya