Selasa 10 September 2019, 18:25 WIB

Kemenhub akan Sosialisasi Transportasi Ramah Disabilitas

Atikah Ishmah Winahyu | Ekonomi
Kemenhub akan Sosialisasi Transportasi Ramah Disabilitas

MI/Ramdani
Penyandang disabilitas gunakan transportasi publik

 

KEMENTERIAN Perhubungan akan menyelenggarakan berbagai kegiatan dalam rangka memperingati Hari Perhubungan Nasional 2019, salah satunya yakni kegiatan sosialisasi dan simulasi transportasi yang ramah bagi penyandang disabilitas. Kegiatan sosialisasi ini akan diselenggarakan Rabu (11/9) besok.

Kepala Pusat Pengelolaan Transportasi Berkelanjutan (PPTB) Kementerian Perhubungan Raden Ari Widianto mengungkapkan selain sosialisasi akan dilakukan juga kunjungan oleh disabilitas ke Stasiun Kereta Api Tanjung Priok, Terminal Bus Tanjung Priok, Terminal Penumpang Nusantara Pelabuhan Tanjung Priok, Bandara Soekarno Hatta dan Stasiun KA Bandara BNI City.

“Esok kami akan menyelenggarakan sosialisasi dan simulasi pengarusutamaan bagi disablitas. Rencananya, sosialisasi ini akan dihadiri 60 orang dari berbagai organisasi disabilitas serta perwakilan dari 23 operator transportasi. Selain sosialisasi, kami juga melakukan kunjungan langsung ke stasiun, terminal serta bandara,” ujar Raden Ari dalam pernyataan resmi, Selasa (10/9).

Baca juga: 125 Stiker Khusus Disabilitas Diajukan Untuk Lewati Ganjil-Genap

Sosialisasi ini akan dihadiri oleh 60 orang disabilitas dari berbagai organisasi disabilitas seperti GAUN, GERKATIN, YPAC, MRAD, JFBT, PERTUNI, Sarana Bina Daksa Budi Bhakti dan operator transportasi sebanyak 23 operator.

Terdapat empat narasumber yang akan mengisi sosialisasi ini di antaranya yaitu Direktur Pengembangan Kawasan Permukiman Kementerian PUPR Didiet Arief Akhdiat, Sekretaris Badan Penelitian dan Pengembangan Perhubungan Rosita Sinaga, Tokoh Utama Komunitas Jakarta Free Barrier Tourism Cucu Saidah serta Inisiator Mudik Ramah Anak dan Disabilitas (MRAD) Ilma Sovri Yanti Ilyas.

Di samping itu, akan dilakukan penandatanganan Komitmen Pelayanan oleh 23 operator transportasi yang rencananya akan turut dihadiri oleh Menteri Perhubungan, Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan dan Menteri Sosial.

Menurut Ari, penandatanganan ini diharapkan menjadi titik akselerasi dalam mewujudkan sarana dan prasarana yang ramah disabilitas.

“Kegiatan semacam ini diharapkan dapat menggugah semua insan yang terlibat dalam pelayanan jasa transportasi untuk memperhatikan dan menerapkan transportasi yang ramah disabilitas,” ungkapnya.

Sebagai informasi, adapun 23 operator transportasi yang akan melakukan penandatangan Komitmen Pelayananan yaitu :

1. Direktur Utama PT. Kereta Api Indonesia

2. Direktur Utama PT. Kereta Commuter Indonesia

3. Direktur Utama PT. DAMRI

4. Direktur Utama Perum PPD

5. Direktur Utama PT Mass Rapid Transport (MRT)

6. Direktur Utama PT. Railink

7. Direktur Utama PT. ASDP Indonesia Ferry

8. Direktur Utama PT. Jasa Marga

9. Direktur Utama PT. PELNI

10. Direktur Utama PT. Pelindo I (Persero)

11. Direktur Utama PT. Pelindo II (Persero)

12. Direktur Utama PT. Pelindo III (Persero)

13. Direktur Utama PT. Pelindo IV (Persero)

14. Direktur Utama PT. Pelabuhan Tanjung Priok

15. Direktur Utama PT. Angkasa Pura I

16. Direktur Utama PT. Angkasa Pura II

17. Kepala Cabang PT. Angkasa Pura II (Persero) Bandara Soekarno Hatta

18. Direktur Utama PT. Garuda Indonesia

19. Direktur Utama PT. Citilink Indonesia

20. Direktur Utama PT. Lion Air

21. Direktur Utama PT. Batik Air

22. Direktur Utama PT. Sriwijaya Air

23. Direktur Utama PT. Trans Jakarta
(OL-5)

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More