Selasa 10 September 2019, 17:45 WIB

Jokowi Janjikan 1.000 Sarjana Papua Kerja di BUMN

Akmal Fauzi | Ekonomi
Jokowi Janjikan 1.000 Sarjana Papua Kerja di BUMN

ANTARA
Presiden Joko Widodo terima tokoh Papua di Istana Negara, Jakarta

 

PEMBANGUNAN sumber daya manusia (SDM) menjadi salah satu fokus utama pembicaraan dalam pertemuan antara Presiden Joko Widodo dengan para tokoh Papua dan Papua Barat di Istana Negara, Jakarta, Selasa (10/9).

Jokowi mengatakan, setelah infrastruktur dibenahi, pembangunan SDM sangat diperlukan. Menurut kepala negara, masyarakat Papua pada dasarnya bisa bersaing baik di dalam maupun luar negeri.

Baca juga: SDM Unggul yang Dibutuhkan Masyarakat Papua

Jokowi bercerita bagaimana dia menemui mahasiswa Papua yang studi di luar negeri. “Mereka itu cerdas-cerdas,” kata Jokowi di Istana Negara, Jakarta, Selasa (10/9).

Artinya, kata Jokowi, mahasiswa yang ada di luar negeri, baik yang menempuh studi S1, S2, maupun S3, sangat banyak. Namun, Indonesia memerlukan lebih banyak lagi.

Jokowi juga menceritakan kekhawatiran mahasiswa di luar negeri setelah menyelesaikan studi. Salah satunya akan kerja apa kalau kembali ke Papua.

"Banyak menanyakan, 'Pak, saya kalau udah lulus saya mau ke mana?', ya kembali ke tanah Papua, 'terus saya kerja apa?'. Pertanyaan-pertanyaan seperti itu memang tidak hanya anak-anak muda di Papua, tapi juga anak muda di Provinsi lain. Ini jadi pekerjaan besar kita," ujarnya.

Untuk itu, Jokowi akan meminta BUMN dan perusahaan swasta besar untuk menerima ribuan lulusan Papua tersebut.

"Saya siang hari ini, membuka ini, untuk BUMN dan swasta besar akan saya paksa. Jadi kewenangan saya gunakan agar bisa menerima mahasiswa yang baru lulus dari tanah Papua. Sementara siang hari ini, 1.000 dululah," pungkas Jokowi. (OL-6)

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More