Selasa 10 September 2019, 16:15 WIB

Mobil Listrik Kebal Ganjil Genap

Ferdian Ananda Majni | Megapolitan
Mobil Listrik Kebal Ganjil Genap

MI/Saskia Anindya Putri
Pemberlakuan ganjil genap

 

KASUBDIT Gakkum Ditlantas Polda Metro Jaya AKBP Muhammmad Nasir mengatakan sejauh ini peraturan perluasan kebijakan ganjil genap belum diberlakukan untuk mobil listrik. Bahkan, pengecualian itu dinilai untuk mendorong penggunaan kendaraan tersebut.

"Iya pengecualian, tapi kan kendaraan listrik baru beberapa aja nih diuji coba, tapi untuk dijual secara ini belum ada kan," kata Nasir saat dimintai keterangannya, Selasa (10/9).

Baca juga: 17 Kendaraan Langgar Ganjil Genap di Jalan Panglima Polim

Dia menambahkan alasan kendaraan listrik terbebas dari ganjil genap karena sudah tertuang dalam peraturan gubernur (Pergub). Dalam Pergub DKI Jakarta nomor 88 tahun 2019, kendaraan listrik mendapat pengecualian dari aturan kebijakan ganjil genap.

"Peraturan itu ada di Peraturan Gubernur DKI Jakarta nomor 88 tahun 2019 yang diparaf 6 September 2019 lalu," sebutnya.

Dia menjelaskan, kendaraan listrik tidak dipermasalahkan melintas di kawasan ganjil genap karena minim polusi. Apalagi perluasan Ganjil-Genap bagian program Pemprov DKI Jakarta dalam upaya mengurangi polusi udara dengan mengurangi penggunaan kendaraan pribadi.

"Ya, memang didorong oleh negara-negara Eropa itu kan emisi menggunakan listrik. Nah, di Indonesia sebagai negara konsumsi terbesar dalam kendaraan bermotor diharapkan bisa beralih ke kendaraan listrik," terangnya.

Dia menegaskan, pengunaan mobil listrik mendapatkan dukungan dari pemerintah. Oleh karena itu, pentingnya peningkatan pelestarian lingkungan, khususnya dengan terjadinya peningkatan polusi udara.

"Ya tujuannya begitu, kenapa diperbolehkan? supaya orang beralih ke green," pungkasnya. (OL-6)

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More