Selasa 10 September 2019, 16:00 WIB

Perluasan Ganjil Genap, Dishub: Pengguna Roda Dua Meningkat

Putri Anisa Yuliani | Megapolitan
Perluasan Ganjil Genap, Dishub: Pengguna Roda Dua Meningkat

MI/Ramdani
Kendaran roda empat berpelat nomor ganjil dan genap melewati jalan Gatot Subroto, Jakarta.

 

PEMERINTAH Provinsi DKI Jakarta resmi menerapkan perluasan pembatasan kendaraan pribadi dengan pelat nomor ganjil dan genap sejak kemarin. Kepala Dinas Perhubunngan DKI Jakarta, Syafrin Liputo, mengatakan persentase jumlah kendaraan roda dua dipastikan meningkat pada ruas-ruas jalan yang diterapkan ganjil genap. Hal ini disebabkan menurunnya jumlah kendaraan roda empat yang melintas.

"Logikanya demikian. Tadinya ada mobil pelat ganjil dan genap sekarang jadi genap saja. Tadinya memuat 4 mobil dan 6 motor, mobilnya tinggal 2. Tentu saja secara persentase roda dua akan meningkat," kata Syafrin ketika dikonfirmasi pada Selasa (10/9).

Baca juga: Masyarakat Sipil Gelar Aksi Damai Dukung Revisi UU KPK

Pihaknya akan melakukan penghitungan dan kajian lebih dalam terkait penambahan jumlah kendaraan roda dua selama penerapan perluasan ganjil genap secara resmi.

"Artinya untuk angka kita belum mendapatkan karena justru di data belum ada berapa pertumbuhan kendaraan, pertumbuhan jumlah motor, itu saya belum dapat. Tapi prinsipnya kan seharusnya tidak langsung naik 100 motor gitu kan. Tapi persentase motor pasti naik karena proporsi mobil di jalan dikurangi," ungkapnya.

Di sisi lain, ia menegaskan, jumlah kendaraan yang melintas di jalan-jalan dengan ganjil genap menurun hingga 25,25%. Menurutnya, penurunan ini cukup tinggi dan memberi dampak pada kelancaran lalu lintas. (OL-6)

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More