Selasa 10 September 2019, 14:35 WIB

Jaga 5 Pertahanan Tubuh Dengan Makanan Ini

Suryani Wandari | Weekend
Jaga 5 Pertahanan Tubuh Dengan Makanan Ini

123rf
Setiap jenis buah dan sayuran memiliki manfaat tersendiri.

Kita semua tahu diet yang baik, penting untuk kesehatan yang optimal. Karena membatasi jumlah komsumsi makanan yang masuk atau menghitung kandungan di dalamnya.

Tetapi sebagai seorang dokter di Amerika Serikat yang telah merawat ribuan pasien yang juga seorang ilmuwan yang bekerja di garis depan kedokteran modern, Harvard Dr William Li yakin cara paling ampuh untuk mengalahkan beragam penyakit adalah mencegahnya sejak awal dengan menjaga lima sistem pertahanan utama yakni sistem kekebalan tubuh kita, sel punca, DNA, bakteri usus, dan aksi canggih pembuluh darah. Kelima sistem pertahanan ini membentuk pilar utama bagi kesehatan Anda. Masing-masing sistem dipengaruhi diet.

"Ketika kelimanya bekerja dengan baik, membuat kita tetap sehat. Tetapi faktor usia, tidak aktif bergerak, stres, pola makan yang buruk dan beban racun dari polusi udara, asap, dan makanan olahan, membuat kelima pertahanan tubuh ini ada dibawah tekanan dan saat itulah penyakit dapat merambat masuk," kata William yang dilansir dari dailymail.

Ia telah meneliti lebih dari 30 tahun dan lebih dari 700 penelitian ilmiah untuk menentukan makanan mana yang paling mendukung sistem ini. Misalnya ia bisa membuktikan satu apel, lebih disukai Granny Smith atau Red Delicious, mengandung persis senyawa bioaktif (yaitu caffeic dan ferulic acid) yang dibutuhkan tubuh untuk membantu melawan mekanisme khusus kanker kandung kemih, usus besar, dan paru-paru.

Baca juga : Celah Para Tukang Selingkuh di Aplikasi Facebook Dating

Ada pula Grapefruit yang mengandung likopen yang melindungi dari radiasi matahari, jus buah beri merah yang dikonsumsi setiap hari meningkatkan perlindungan terhdap DNA, kemangi mengandung asam rosmarinic yng membantu menekan tumor, edamame memberikan perlindungan terhadap kanker payurara hingga mentega almond yang memperlambat penuaan dini.

Sebagian besar makanan terbaik memang berasal dari sayuran dan buah yang memiliki kandungan nabati yang berefek baik terhadap kesehatan. Kita didorong untuk makan lima jenis buah dan sayur setiap harinya untuk menunjang kesehatan.

"Ketika Anda tahu apa yang harus dimakan untuk mendukung setiap pertahanan kesehatan, Anda dapat menggunakan diet Anda untuk mengalahkan penyakit," kata William.

Setiap orang memang takut sakit. Jika tujuan Anda adalah tetap sehat, dan terutama jika Anda sedang berjuang melawan penyakit, pilihan makanan Anda bisa memberi peluang. Anda akan memiliki kesempatan lebih baik untuk mengalahkan penyakit dan memperluas tidak hanya panjangnya tetapi juga kualitas hidup Anda.(M-3)


 

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More