Selasa 10 September 2019, 13:36 WIB

Orang Tidak Punya Imajinasi Hidup Baik Picu Korupsi

Ardi Teristi Hardi | Nusantara
Orang Tidak Punya Imajinasi Hidup Baik Picu Korupsi

MI/Arya Manggala
Romo Benny Susetyo

 

BUDAYAWAN dan rohaniawan Benny Susetyo menyebut, korupsi menjamur karena orang tidak punya imajinasi hidup baik. Imajinasi orang saat ini tentang  sukses adalah soal kekayaan dan jabatan. Imajinasi hidup baik yang dimaksud adalah bukan soal kekayaan dan jabatan, melainkan kehidupan yang jujur, berintegritas, dan terhormat. Ia pun menyoroti sikap para pengacara yang sering memamerkan kekayaan mereka.

"Di dunia pengacara misalnya, yang dipertontonkan sisi gemerlapnya (kekayaan) bukan prestasinya," kata dalam diskusi panel bertema Tantangan Menjaga Integritas dalam Penegakan Hukum dan Keadilan, di Fakultas Hukum Universitas Gadjah Mada, Selasa (10/9).

Padahal, yang perlu dipertontonkan dalam dunia hukum adalah sisi keadaban, seperti kejujuran, moralitas, dan integritas.

"Ketika hukum kehilangan keadaban, masyarakat bisa merasakan kehilangan keadilan," kata dia.

Dalam kesempatan itu, Benny pun menyebut banyak orang yang sudah kehilangan budaya malu. Bahkan, mereka menganggap mereka ditangkap KPK hanya karena apes. Oleh sebab itu, Romo Benny mengatakan, sangat penting untuk mengembangkan kembali hidup jujur, berintegritas, dan setia pada suara hatinya serta menjalankannya pada masyarakat saat ini.

"Memperpaiki nilai-nilai tersebut harus dimulai dari keluarga dan sekolah," kata dia.

baca juga: Sebanyak 4,2% Balita Di Babel Idap Pneumonia

Namun, hal tersebut tidak mudah karena nilai-nilai jujur, integritas, dan budaya malu dalam keluarga digantikan budaya baru yang menawarkan tentang kesukesan kekayaan dan jabatan. (OL-3)

 

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More