Selasa 10 September 2019, 13:00 WIB

Celah Para Tukang Selingkuh di Aplikasi Facebook Dating

Bintang Krisanti | Weekend
Celah Para Tukang Selingkuh di Aplikasi Facebook Dating

Afp
Aplikasi Facebook Dating kini tersedia di 20 negara.

BELUM lama ini aplikasi bawaan (in-app) Facebook, yakni Facebook Dating, telah tersedia di 20 negara. Amerika Serikat (AS) menjadi negara teranyar dioperasikannya aplikasi tersebut, setelah sebelumnya juga tersedia di Argentina, Bolivia, Brasil, Kanada, Chili, Kolumbia, Ekuador, Guyana, Laos, Malaysia, Meksico, Paraguay, Peru, Filipna, Singapura, Suriname, Thailand, Uruguay, dan Vietnam.  

Indonesia memang belum masuk dalam daftar layanan aplikasi tersebut namun bukan tidak mungkin akan menerimanya sebentar lagi. Bagi anda yang sudah penasaran akan aplikasi tersebut ada beberapa hal yang harus menjadi kewaspadaan.

Terutama adalah karena aplikasi ini memiliki celah bahaya yang kerap juga ditemui di aplikasi kencan lainnya. Yaitu, banyak para pembohong atau tukang selingkuh yang bisa memanfaatkan menjadi ranah pencarian mangsa baru.

Hal tersebut karena Facebook Dating memungkinkan para penggunanya untuk menutupi status hubungan yang sebenarnya. Ini terjadi dengan cara penyetelan keterangan status yang dapat berbeda dengan yang ada di akun utama Facebook anda atau bahkan tidak mencantumkan status hubungan.

"Kamu dapat memilih bagaimana menampilkan diri mu ke teman kencan potensial, seperti dengan cara memberikan informasi yang berbeda dengan yang ada di profil Facebook mu, dan apakah kamu ingin menampilkan soal tempat tinggal, agama, pekerjaan, dan hal-hal lainnya terkait perkencanan," jelas Facebook dalam laman FAQ. Facebook beralasan pilihan penyetelan itu untuk menjaga privasi pengguna Facebook Dating.

Selain itu terdapat pula pilihan untuk pencarian teman kencan yang tidak terhubung dengan orang-orang yang masuk dalam daftar teman di akun utama Facebook. Dengan begitu pengguna Facebook Dating bisa mengaku lajang dan mencari teman kencan tanpa diketahui pasangan maupun teman-temannya.

Pilihan penyetelan itu bahkan lebih memberikan celah berbohong yang lebih besar ketimbang dengan yang ada di aplikasi kencan Tinder dan Bumble. Dua aplikasi ini tidak memungkinkan pengguna untuk memfiltrasi teman atau temannya-teman dari daftar kencan potensial. Dengan begitu aktivitas anda di aplikasi kencan bisa saja diketahui oleh lingkaran pertemanan anda. (M-1)

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More