Selasa 10 September 2019, 13:15 WIB

Legenda Belanda Sebut Barca Mainkan De Jong di Posisi yang Salah

Kautsar Halim | Sepak Bola
Legenda Belanda Sebut Barca Mainkan De Jong di Posisi yang Salah

AFP/Josep LAGO
Frenkie de Jong

 

LEGENDA sepak bola Belanda, Frank de Boer, angkat bicara soal performa Frenkie de Jong bersama Barcelona.

Menurutnya, De Jong belum mengerahkan kemampuan secara maksimal karena tampil di posisi yang tidak tepat.

"Saya lihat pada pertandingan terakhir Barcelona dan Frenkie bermain terlalu ke sayap. Saya tidak yakin itu posisi terbaiknya. Harusnya dia lebih ke tengah sebagai gelandang," kata De Boer.

Selain berstatus sebagai legenda sepak bola Belanda, De Boer juga punya pengalaman manis sebagai mantan pemain Barcelona dan Ajax yang merupakan klub asal De Jong. Dia menjelaskan, De Jong adalah kandidat kuat pengganti Sergio Busquets.

"Saya tidak tahu apa yang direncanakan Ernesto Valverde (pelatih Barcelona). Tapi yang pasti, Frenkie harus bersabar. Sergio Busquets bisa tergantikan meskipun dia bermain dengan kualitas yang sama," tutur De Boer.

Baca juga: Babel Cetak Dua Gol, Belanda Lumat Estonia

De Jong selalu dimainkan sebagai starter dalam tiga laga terakhir Barcelona di La Liga, yakni saat kalah dari Athletic Club, menang atas Real Betis, dan ditahan imbang Osasuna. Namun, dia belum bisa memberikan assist maupun mencetak gol.

Menanggapi itu, De Boer tetap optimistis Frenkie bakal sukses bersama Barcelona. Menurutnya, De Jong yang baru berusia 22 tahun hanya perlu beradaptasi lebih baik lagi dengan para rekan setimnya.

"Filosofi sepakbola Barcelona bukan hal baru bagi Frenkie. Tapi Frenkie tipe pemain yang beda dengan Busquets. Rekan-rekan setimnya harus beradaptasi dengan Frenkie dan begitu juga sebaliknya," ujar De Boer yang kini melatih para pemain muda Ajax.

"Yang jelas, Frenkie punya bakat yang sudah lama tidak kita lihat. Atas dasar itu, saya yakin dia bisa sukses bersama Barcelona," tambahnya. (Medcom/OL-2)

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More