Selasa 10 September 2019, 10:01 WIB

64 Rumah Ludes Terbakar di Tepi Sungai Barito

Denny Susanto | Nusantara
64 Rumah Ludes Terbakar di Tepi Sungai Barito

Antara
Ilustrasi

 

KEBAKARAN hebat kembali melanda kawasan permukiman padat di tepi Sungai Barito Kota Banjarmasinm Kalimantan Selatan, Selasa (10/9) dini hari sekitar pukul 03.00 Wita. Sedikitnya 64 rumah warga ludes terbakar dengan kerugian mencapai miliaran rupiah. Kebakaran melanda permukiman padat di Jalan Alalak Selatan, Kecamatan
Banjarmasin Utara. Kondisi udara yang kering dan angin kencang serta sungai surut membuat petugas pemadam kebakaran kesulitan mendapatkan sumber air untuk pemadaman.

Selain itu mayoritas bangunan permukiman terbuat dari kayu, sehingga kobaran api sulit dikendalikan. Akibat kebakaran tersebut sebanyak 64 rumah di RT 04 dan RT 05 yang dihuni 74 keluarga atau 221 jiwa ludes terbakar.

"Api berkobar dengan cepat. Jumlah kebakaran kali mencapai 64 rumah dan lebih besar dari kejadian pada Agustus lalu sebanyak 23 rumah," tutur Musliani Ketua RT 04, Kecamatan Alalak.

Lokasi kebakaran tidak jauh dari lokasi kebakaran beberapa pekan sebelumnya. Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kalsel, Wahyudin Ujud mengatakan selain kebakaran hutan dan lahan (karhutla), Kalsel juga sangat rawan kebakaran permukiman atau bencana sosial.

"Kita telah memberikan himbauan kepada seluruh kepala daerah dan masyarakat untuk mewaspadai ancaman bencana kebakaran ini," ungkapnya.

baca juga: 85 Orang Telah Ditetapkan Sebagai Tersangka Kerusuhan Papua

Data sementara kerugian kebakaran permukiman sepanjang 2019 di Kalsel diperkirakan mencapai puluhan miliar rupiah. Sementara pada 2018 terjadi 277 kali bencana kebakaran permukiman (sosial) dengan kerugian mencapai Rp60,088 miliar dan menewaskan tujuh orang tewas. (OL-3)

 

 

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More