Selasa 10 September 2019, 12:00 WIB

Audisi Berakhir, Ini Daftar Pebulu Tangkis Jebolan PB Djarum

Shereen Oliviani | Olahraga
Audisi Berakhir, Ini Daftar Pebulu Tangkis Jebolan PB Djarum

AFP/CHARLY TRIBALLEAU
Kevin Sanjaya Sukamulyo (kiri) bersama pasangannya Marcus Gideon saat menjadi juara Jepang Terbuka. Kevin adalah jebolan PB Djarum.

POLEMIK antara PB Djarum dengan Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) menjadi perbincangan hangat. PB Djarum dinilai KPAI melakukan eksploitasi anak.

Imbas dari polemik tersebut, PB Djarum akan menghentikan Audisi Beasiswa Bulu Tangkis mulai tahun depan. Tidak ayal, sejumlah respons langsung mengalir.

Salah satunya datang dari Menpora Imam Nahrawi. Ia menilai, tidak seharusnya audisi mencari bibit muda bulu tangkis dihentikan.

Setali tiga uang, pihak PBSI juga merasa rugi jika PB Djarum menghentikan program beasiswa tersebut. Sebab, banyak jebolan program tersebut yang menjadi atlet kebangaaan Indonesia dan menyumbangkan medali-medali bergengsi.

Baca juga: Daerah Minta Audisi Bulu Tangkis Tetap Jalan

Tidak ingin masalah berlarut-larut, Menpora berencana memanggil PB Djarum, KPAI, dan PBSI untuk bertemu dan mencari jalan keluar terbaik.

"Secepat mungkin kami akan mengundang dari KPAI, dari PB Djarum, maupun PBSI untuk duduk bersama agar ada jalan keluar yang baik," ujar Imam seperti dikutip dari program Metro Siang, Senin (9/9).

PB Djarum dikenal mempunyai perhatian besar untuk bulu tangkis Indonesia. Tercatat, beberapa atlet lulusan PB Djarum mempersembahkan gelar bergengsi.

Berikut adalah lima pebulu tangkis jebolan PB Djarum yang bersinar selama satu dekade terakhir.

1. Kevin Sanjaya

Kevin Sanjaya (kiri)--ANTARA FOTO/Humas PP PBSI-Widya

Pebulu tangkis ganda putra nomor satu dunia ini bergabung bersama PB Djarum pada 2007. Sejak saat itu, Kevin terus mengasah kemampuannya sehingga berhasil menduduki peringkat satu dunia di sektor ganda putra bersama rekannya, Marcus Fernaldi Gideon.

Sepanjang tahun ini, Kevin berhasil menjuarai Indonesia Open, Japan Open, Indonesia Masters, dan Malaysia Masters.

2. Mohammad Ahsan

Mohammad Ahsan (kiri)--AFP/ FABRICE COFFRINI

Selain Kevin, Mohammad Ahsan juga menjadi bintang jebolan PB Djarum yang juga mengharumkan nama Indonesia. Ahsan bergabung pada 2007.

Prestasi Ahsan sepanjang tahun ini ialah menjuarai Kejuaraan Dunia, All England, dan Djarum Superliga Badminton.

3. Tontowi Ahmad

Tontowi Ahmad (kiri)-- MI/RAMDANI

Tontowi Ahmad merupakan atlet PB Djarum sejak 2005. Sejumlah torehan positif disumbangkan oleh atlet yang karib disapa Owi. Bersama Liliyana Natsir, rekannya di ganda campuran beberapa waktu lalu, Owi mengukir prestasi di Indonesia Open, All England, Kejuaraan Dunia hingga Olimpiade.

4. Liliyana Natsir

Liliyana Natsir-- ANTARA FOTOHumas PP PBSI-Widya Amelia

Liliyana Natsir juga jebolan PB Djarum. Atlet yang sudah pensiun ini pernah meraih prestasi bergengsi bersama mantan rekannya, Tontowi Ahmad. Di antaranya ialah Indonesia Open, All England, Kejuaraan Dunia, dan Olimpiade.

5. Debby Susanto

Debby Susanto-- MI/M Taufan SP Bustan

Debby Susanto juga memperkuat PB Djarum. Atlet yang sudah memutuskan pensiun ini pernah menyabet gelar medali emas SEA Games 2013 dan 2015, All England, Swiss Open, dan Indonesian Masters. (Medcom/OL-2)

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More