Selasa 10 September 2019, 07:27 WIB

De Bruyne Gemilang, Belgia Tekuk Skotlandia

Basuki Eka Purnama | Sepak Bola
De Bruyne Gemilang, Belgia Tekuk Skotlandia

AFP/ANDY BUCHANAN
Kevin De Bruyne

 

PELATIH Belgia Roberto Martinez menyebut Kevin De Bruyne yang bugar akan menguntungkan klub dan negara setelah gelandang Manchester City itu meminpin De Rode Duivels menang 4-0 atas Skotlandia dalam laga kualifikasi Piala Eropa 2020, Selasa (10/9) dini hari WIB.

De Bruyne memberikan assist untuk gol Belgia yang dicetak Romelu Lukaku, Thomas Vermaelen, dan Toby Alderweireld di 32 menit pertama liga sebelum mencetak gol pamungkas Belgia.

Belgia dan Manchester City harus kehilangan geldanang berusia 28 tahun itu pada mayoritas musim lalu karena dua cedera lutut.

Kini, De Bruyne tampil bak pemain yang bertekad membuktikan dirinya telah kembali.

"Dia mengawali musim ini dengan segar dan Anda bisa melihat kualitasnya. Bagi saya, dia adalah playmaker terbaik di dunia," ujar Martinez.

Baca juga: Babel Cetak Dua Gol, Belanda Lumat Estonia

"Playmaker biasanya berhenti untuk memberikan umpan. Namun, dia bisa melepaskan umpan sembari bergerak. Anda melihat dia bugar, penuh tanggung jawab, dan mengambil peran yang sangat penting," imbuhnya.

De Bruyne memang harus mengambil posisi kunci jika Belgia ingin beperluang menjadi juara Piala Eropa 2020.

Kemenangan atas Skotlandia membuat Belgia membukukan rekor 100% di Grup I dengan meraih enam kemenangan dari enam laga.

Martinez menurunkan tim kuat dalam laga melawan Skotlandia meski harus kehilangan kapten Eden Hazard yang dibekap cedera.

Basilnya, Belgia unggul cepat saat laga baru berlangsung sembilan menit. Berawal dari tendangan bebas Skotlandia di area Belgia, Dries Mertens menyapu bola ke arah De Bruyne yang berlari di sisi kiri lapangan dalam sebuah serangan balik. Umpan mendatarnya kemudian disapu Lukaku yang mencetak golnya yang ke-32 untuk timnas Belgia dalam 30 penampilan.

Kesalahan di lini belakang Skotlandia kemudian berujung pada dua gol Belgia.

Yang pertama, pada menit 24, umpan mendatar De Bruyne disambar Vermaelen. Delapan menit kemudian, Alderweireld mencetak gol lewat sundulan memanfaatkan umpan silang De Bruyne.

Kemudian, delapan menit menjelang laga berakhir, De Bruyne mencetak gol lewat sebuah tendangan terukur. (AFP/OL-2)

 

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More