Selasa 10 September 2019, 00:30 WIB

Cari Rumah Murah di IIPEX 2019

Ant/S-3 | Ekonomi
Cari Rumah Murah di IIPEX 2019

ANTARA FOTO/Dhemas Reviyanto
Pengunjung mengamati maket perumahan.

 

SEBANYAK 61% masyarakat optimistis dan mengaku puas dengan iklim pasar properti secara nasional. Berangkat dari tingkat kepuasan ini, sekitar 44% responden berencana membeli properti dalam kurun waktu satu tahun ke depan.

Preferensi pencari properti terhadap lokasi hunian menurut survei masih terkonsentrasi di wilayah Jakarta. Bekasi, Tangerang, Depok, Bandung, dan Bogor berada di posisi setelah Ibu Kota.

Itu disampaikan Country Manager Rumah.com, Marine Novita, berdasarkan hasil survei yang dilakukan pihaknya. "Harga hunian yang dicari juga masih didominasi pilihan rumah dan apartemen dengan harga kurang dari Rp500-an juta," ujar Marine, di Jakarta, pekan lalu.

Marine mengatakan hunian dengan rentang seperti itu dapat dengan mudah ditemukan masyarakat dalam Indonesia International Property Expo (IIPEX) 2019.

Ajang tersebut digelar Persatuan Perusahaan Realestat Indonesia (REI) bersama Rumah.com dan Dyandra Promosindo di empat kota, yakni Jakarta, Surabaya, Bali, dan Medan.

Pameran di Jakarta akan diselenggarakan pada 21-29 September 2019 bertempat di Hall A Jakarta Convention Center (JCC). Pameran di tiga kota lain akan berlangsung pada 25-29 September 2019.

Menurut Presiden Direktur Dyandra Promosindo Hendra Noor Saleh selaku penyelenggara, IIPEX 2019 tidak hanya diramaikan kehadiran ratusan developer lokal, tetapi juga developer asing dengan berbagai pilihan properti mancanegara. Pameran yang rencananya dibuka Presiden Joko Widodo bakal menghadirkan lebih dari 1.000 proyek properti, sebagian besar merupakan hunian dengan harga terjangkau.

Wakil Ketua Umum REI Bidang Tata Ruang, Kawasan Properti Ramah Lingkungan, Hari Ganie, mengimbuhkan, ia berharap melalui kegiatan pameran kondisi properti yang lesu diharapkan bangkit kembali. "Kalau bukan kami yang memulai untuk menggerakkan sektor properti, siapa lagi?" ujar dia.

Menurut Hari, pasar properti di Tanah Air mulai menunjukkan sinyal pemulihan setelah ekonomi pada tahun lalu mampu tumbuh 5,17%. "Indikasi pemulihan terlihat dari persiapan munculnya berbagai proyek baru serta kucuran kredit perbankan yang mengalami peningkatan di pertengahan 2019," ujar dia. (Ant/S-3)

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More