Selasa 10 September 2019, 05:05 WIB

Redam Keributan, 10 Ribu Aparat Keamanan Kepung SUGBK

*/R-2 | Sepak Bola
Redam Keributan, 10 Ribu Aparat Keamanan Kepung SUGBK

ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A
Sejumlah suporter melompati pagar pembatas saat pertandingan Timnas Indonesia melawan Timnas Malaysia.

 

KERIBUTAN suporter tidak boleh terulang di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) pada laga Indonesia menjamu Thailand malam ini. PSSI telah berkoordinasi dengan pihak kepolisian yang telah menyiapkan 10 ribu personel gabungan TNI dan Polri.

Hal itu diungkapkan Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Argo Yuwono di Jakarta, kemarin. Kepolisian telah berkomunikasi dengan PSSI terkait dengan penjagaan keamanan laga lanjutan Grup G Kualifikasi Piala Dunia 2022.

"Kami sudah mempersiapkan pengamanan. Sekitar 10 ribu lebih gabungan TNI dan Polri, kemudian kami bagi menjadi empat ring dan tentu di dalam stadion ada satu ring khusus," ujar Argo.

Keputusan tersebut diambil karena pihak keamanan dan PSSI tak ingin kembali kecolongan seperti saat timnas Indonesia berjumpa Malaysia, Kamis (5/9).

Pada laga yang dimenangi Malaysia dengan skor 3-2 itu terjadi kerusuhan akibat ulah oknum suporter.

"Kemudian semua kegiatan timnas Thailand kita kawal. Suporter dari Thailand juga kami kawal dari bandara," tambahnya.

Khusus untuk para suporter Indonesia, Argo akan memperketat pemeriksaan saat akan memasuki stadion. "Jangan sampai mereka membawa senjata tajam atau minuman di kemasan plastik. Kita tak akan memperbolehkan dibawa masuk," ujar Argo.

Ia berharap para suporter untuk bisa menjadi penonton yang baik agar timnas Indonesia tak mendapatkan sanksi. "Mari kita tunjukkan sportivitas sebagai tuan rumah," ucap Argo.

Sekjen PSSI Ratu Tisha menambahkan, meski memperketat pengamanan, pihaknya tetap berharap suporter berbondong-bondong memberikan dukungan dengan datang ke stadion.

"Ini tentang puluhan ribu orang dan kami juga bicara sinergi PSSI dengan kepolisian. Utamanya di area pencegahan. Jadi jangan sampai nila setitik rusak susu sebelanga," ucap Ratu Tisha.

Namun, PSSI berharap pendukung tim 'Merah Putih' tidak takut hadir di stadion. PSSI belum sampai pada membuat larangan datang ke stadion bagi pembuat ulah.

"Kita tunjukkan sebagai tuan rumah yang baik. Datang dan dukung timnas Indonesia, jangan pernah bicara yang lainnya," tandas Ratu Tisha. (*/R-2)

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More