Selasa 10 September 2019, 05:35 WIB

Badai Terpa Jepang dan Kanada

Melalusa Susthira K | Internasional
Badai Terpa Jepang dan Kanada

JIJI PRESS / AFP
Tiang listrik yang jatuh akibat angin topan Faxai di Kamakura, Prefektur Kanagawa, Jepang.

 

SETELAH Dorian meluluhlantakkan wilayah Bahama dan Kanada, kini muncul Topan Faxai yang melanda Jepang. Keduanya menyebabkan kerusakan sejumlah rumah warga.

Topan Faxai melanda Tokyo sejak kemarin dini hari, menyebabkan gangguan besar pada jaringan transportasi ibu kota Jepang tersebut. Dengan kecepatan putaran angin mencapai 210 kilometer per jam, Faxai membuat kekacauan saat jam sibuk di pagi hari Tokyo. Terjadi penundaan layanan kereta api dan ratusan penerbangan pesawat dibatalkan.

Faxai menjadi topan terkuat di Tokyo dalam satu dekade terakhir, yang telah menewaskan seorang perempuan berusia sekitar 50 tahunan. Kamera pengawas memperlihatkan korban terpental dan menghantam tembok akibat tiupan angin kencang. Selain itu, Kantor berita Kyodo melaporkan sedikitnya 30 orang terluka akibat terkena imbas Faxai di beberapa wilayah di Jepang.

Badan Meteorologi Jepang (JMA) mengatakan topan Faxai mendarat dekat Kota Chiba, sebelah timur Tokyo, sekitar pukul 05.00 pagi waktu setempat. Ketika Faxai mulai mendekat, peringatan evakuasi tidak wajib dikeluarkan kepada lebih dari 390.000 orang penduduk di Prefektur Kanagawa, Shizuoka dan Tokyo.

Hal tersebut membuat sistem kereta api Timur Jepang menghentikan layananannya pada jam-jam awal beroperasi. Bersamaan dengan itu, pengelola lintasan kereta api juga melakukan pengecekan akibat pohon-pohon yang tumbang dan puing-puing lainnya.

Faxai juga menyebabkan penundaan dan penghentian jalur kereta bawah tanah menuju ke beberapa stasiun yang kerap dipadati di kota metropolitan yang dihuni 36 juta orang tersebut. Layanan kereta supercepat juga sempat ditunda selama topan menerjang, meskipun saat ini telah kembali beroperasi dengan jadwal layanan yang berkurang.

Sementara itu, layanan kereta api yang menuju atau dari Bandara Internasional Narita dihentikan sehingga bus dan taksi menjadi satu-satunya opsi tersisa bagi mereka yang tiba atau hendak menaiki pesawat. Beberapa jalan juga tertutup akibat pohon-pohon yang tumbang.

Faxai juga telah memicu pemadaman listrik di 910 ribu rumah di Tokyo.

Dorian di Kanada

Sementara itu, Badai Dorian menghantam pantai Atlantik, Kanada pada Minggu (9/9) pagi. Badai Dorian kini telah beralih status menjadi siklon pasca-tropis setelah melewati perairan yang lebih dingin dan mendarat di dekat teluk Sambro, Nova Scota, Kanada.

Hujan lebat disertai angin kencang menumbangkan pohon-pohon di Nova Scotia dan wilayah sekitarnya. Ombak tinggi juga diperkirakan akan memengaruhi pantai Kanada selama beberapa hari ke depan.

Sebelum mencapai di Kanada, Badai Dorian telah meluluhlantakkan wilayah kepulauan Bahama. Sedikitnya 43 orang tewas dan 70.000 orang lainnya kehilangan tempat tinggal di wilayah itu.

Adapun di Amerika Serikat, beberapa kota mulai berbenah setelah Dorian menghantam Cape Hatteras, Carolina Utara, dan menyapu negara bagian di Pantai Timur lainnya. (AFP/CNN/X-11)

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More