Senin 09 September 2019, 21:34 WIB

Jamu Thailand, 10 Ribu Personel Keamanan Dikerahkan di GBK

M. Iqbal Al Machmudi | Sepak Bola
Jamu Thailand, 10 Ribu Personel Keamanan Dikerahkan di GBK

MI/Bary Fatahillah
Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Argo Yuwono

 

KEPOLISIAN Daerah Metro Jaya (PMJ) menyiapkan sebanyak 10 ribu personel gabungan untuk mengamankan pertandingan Indonesia melawan Thailand di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, Selasa (10/9).

Pengamanan akan diperketat, khususnya pengamanan terhadap penonton. Hal itu dilakukan agar kejadian kerusuhan antar penonton yang terjadi dilaga sebelumnya tidak terulang.

"Kita sudah mempersiapkan pengamanan sekitar 10 ribu personel lebih gabungan TNI-Polri," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Argo Yuwono di Polda Metro Jaya, Jakarta, Senin (9/9).

Pihak kepolisian sendiri akan memperketat pengamanan dari sisi penonton. Para penonton akan diperiksa lebih ketat lagi saat masuk ke dalam stadion.

"Kemudian kita akan perketat untuk penonton, untuk kita lakukan pemeriksaan. Jangan sampai membawa senjata tajam ataupun minuman yang dikemasan plastik yang ada nettonya. Kita nggak memperbolehkan membawa masuk. Nanti akan kita cek penonton ini," jelas Argo.

Baca juga : Stamina Pemain Timnas Jadi Pekerjaan Rumah McMenemy

Argo mengatakan pihak kepolisian sudah menggelar rapat dengan PSSI terkait pengamanan laga kualifikasi Piala Dunia 2022 itu. Polisi tidak ingin ada hal-hal buruk yang akan terjadi akibat dari pengamanan yang kurang maksimal.

"Kita sudah komunikasi dengan PSSI seperti apa pengamanannya. Kenapa kita koordinasi, karena selama ini kita nggak pernah koordinasi artinya jarang untuk rapat bersama, untuk mencoba seperti apa pengamanan. Makanya sekarang kita lakukan karena ini event internasional," ungkapnya.

Sebelumnya, saat laga kontra Malaysia di SUGBK pekan lalu, pertandingan sempat terhenti karena ulah oknum suporter Indonesia yang melempari suporter Malaysia dengan botol air minum saat di tribun penonton.

Untuk mengantisipasi adanya penonton-penonton yang menjadi provokator dan kwjadian tersebut berulang. Personil gabungan akan melalukan pemeriksaan di awal sebelum para penonton masuk ke stadion.

"Penonton dari mulai masuk sudah diperiksa ketat," tegas Argo.

Selain itu. Argo menyebut ada 4 ring pengamanan dalam laga itu. Pengamanan pertama. dilakukan di area dalam GBK dan kedua di sekitaran GBK.

Polisi juga mengamankan area di luar GBK dan di ruas jalan menuju GBK. Dia berharap para penonton tidak membuat kericuhan dan membuat jelek nama Indonesia.

Baca juga : McMenemy Tuntut Respon para Pemain saat Menjamu Thailand

Polisi juga akan melakukan pengamanan kepada timnas Thailand maupun para suporternya yang datang ke GBK. Pengamanan itu dilakukan dari bandara menuju GBK maupun sebaliknya.

"Semua kegiatan kita kawal mulai dari bandara kalau ada suporter dari Thailand. Kemudian di hotel pun kita kawal, dari hotel menuju dan ke GBK," jelasnya.

Diketahui, Indonesia akan melawan Thailand di Stadion GBK, Jakarta pada Selasa (10/9) mendatang. Kick off akan berlangsung pada pukul 19.30 WIB. (OL-7)

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More