Senin 09 September 2019, 17:49 WIB

TNI Siapkan 2 Hercules untuk Angkut Mahasiswa Papua

Golda Eksa | Politik dan Hukum
TNI Siapkan 2 Hercules untuk Angkut Mahasiswa Papua

Antara/ M Risyal Hidayat
Wiranto

 

MARKAS Besar TNI menyiapkan 2 pesawat Hercules C-130 untuk membawa 835 pelajar dan mahasiswa asal Papua yang sempat eksodus dari tempat belajarnya masing-masing. Pemerintah juga menjamin seluruh pelajar dan mahasiswa itu tidak akan mendapat tekanan.

"Atas prakarsa Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto, disiapkan angkutan Hercules. Pesawat ini bisa mengangkut mereka ke tempat belajarnya," ujar Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Wiranto kepada wartawan, di Kantor Kemenko Polhukam, Jakarta, Senin (9/9).

Baca juga: Wiranto Sebut Masih Ada Provokasi Demonstrasi Susulan di Papua

Pemerintah, imbuh Wiranto, memastikan tidak ada masyarakat yang akan mengganggu maupun menempatkan pelajar dan mahasiswa asal Papua sebagai orang asing. Pemerintah menjamin, melindungi, merawat, serta memperlakukan mahasiswa Papua sebagai keluarga di mana pun mereka belajar.

Wiranto mengemukakan, realitas eksodus pelajar dan mahasiswa dari daerah ke kampung halamannya lantaran khawatir adanya perlakuan sewenang-wenang dari masyarakat di tempat mereka menimba ilmu. Isu tersebut digulirkan oleh pihak-pihak yang tidak bertanggungjawab. Walhasil, orang tua siswa pun khawatir dan langsung menarik anak-anaknya.

"Tapi setelah dijelaskan dan disampaikan fakta sesungguhnya ternyata mereka menyesal kembali ke Papua dan Papua Barat. Karena ternyata isu itu tidak benar. Namanya isu, mengelabui jalan pikiran mereka, dan mereka ingin kembali sekarang ke sekolah, asrama, ke tempat mereka belajar," tandasnya. (OL-8)

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More