Senin 09 September 2019, 15:50 WIB

Sony Luncurkan Edisi 40 tahun Walkman

Fetry Wuryasti | Weekend
Sony Luncurkan Edisi 40 tahun Walkman

Sony
Walkman edisi 2019 ini dibuat mirip dengan edisi original 1979 namun tidak lagi memutar kaset.

MODERNISASI walkman kini dilakukan Sony. Pada ulang tahun ke-40 pemutar musik portable yang pertama kali mereka luncurkan pada 1979 itu Sony merilis versi teranyar, yakni NW-A100TPS.

Meski tampilannya dibuat sangat mirip dengan walkman versi pertama, TPS-L2 yang berwarna biru dan silver, versi teranyar ini tidak lagi memutarkan pita musik atau kaset.

Menggunakan sistem operasi Android, Sony Walkman menghadirkan banyak fitur untuk audiophile, seperti memiliki penguat digital S-Master HX untuk memberikan audio resolusi tinggi dan mengurangi distorsi, prosesor DSEE HX untuk meningkatkan kualitas audio terkompresi dan bahkan prosesor vinil untuk memberi trek digital karakter vinil.
Walkman ini juga memiliki baterai berdaya tahan 26 jam dan disertai kompatibilitas Bluetooth dan port USB-C untuk koneksi.

Sony mengumumkan produk ini pada Jumat (6/9) waktu setempat di di IFA 2019, pameran dagang elektronik konsumen tahunan terkemuka di Berlin.  

"Tidak semuanya lebih baik pada saat itu, sehingga Anda dapat menikmati yang terbaik, masing-masing dari desain warisan Walkman, sekaligus memiliki teknologi canggih di ujung jari Anda. Anda juga dapat menikmati screensaver kaset "jadul" yang terinpirasi dari model Walkman klasik," kata manajemen Sony dalam siaran pers," dikutip dari ABC News, Senin (9/9).

Walkman ke 40 tahun Sony saat ini tidak memiliki tanggal rilis atau kisaran harga di AS. Namun, Sony mengumumkan bahwa perangkat keluar di Eropa pada bulan Desember dengan harga 440 euro,  yaitu sekitar US $ 489. Akan ada juga versi yang lebih murah tanpa branding ulang tahun ke-40 yang disebut Sony NW-A105 Walkman, kata perusahaan itu.

Perangkat retro baru ini mendukung musik yang diunduh dan streaming. Penyimpanannya diciptakan untuk dapat menampung 16 gigabyte, didukung  dengan ruang slot kartu microSD sehingga Anda dapat meningkatkan memori perangkat.

Perangkat ini juga memiliki screensaver kaset "jadul" yang berubah warna berdasarkan musik apa yang Anda sukai, menurut Gizmodo.

Selain warna biru, NW-A100 hadir dalam warna merah, oranye, abu hijau, dan hitam dan memiliki layar sentuh kecil 3,6 inci. Sebagai perbandingan, iPhone XS memiliki layar 5,8 inci dan Galaxy Note 10 baru Samsung memiliki layar 6,3 inci.

Sejak penjualan perdana pada 1979, Sony Walkman telah dijual lebih dari 400 juta perangkat. Dari situ, produsen elektronik besar lainnya seperti Aiwa, Panasonic dan sebagai juga menciptakan pemutar musik kaset portabel.

Ketika era berganti, Sony membuat Walkman versi pemutar compact disc (CD) yang dikenal dengan nama Discman (1984). Selanjutnya pemutar CD itu bertransformasi menjadi pemutar minidisc, dan terakhir membuat pemutar MP3. Setelah era MP3 player, Sony menjual perekam suara digital yang disebut Scoopman.

Ketika era feature phone meraja, Sony sempat memperkenalkan ponsel seri Walkman bagi penggunanya. Mendapat respons positif, Sony sempat menelurkan beberapa seri ponsel Walkman tersebut.

Ketika era ponsel pintar makin menanjak, Sony sempat mencoba mengulang peruntungan dengan memperkenalkan ponsel seri Walkman pada segmen smartphone. Sony juga memperkenalkan aplikasi Walkman sebagai pemutar musik file digital. Namun, aplikasi ini tak berhasil memulihkan kejayaan Walkman.

Sementara kini ketika smartphone sebagian besar telah menggantikan kebutuhan akan pemutar musik khusus seperti Sony Walkman, produk tersebut diyakini masih memiliki pangsa pengguna yang loyal. (M-1)
 

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More