Senin 09 September 2019, 15:32 WIB

Polisi Tangkap Aktor Intelektual Kerusuhan Papua

Ferdian Ananda Majni | Politik dan Hukum
Polisi Tangkap Aktor Intelektual Kerusuhan Papua

ANTARA/Indrayadi TH
etugas kepolisian melepaskan tembakan gas air mata untuk menghalau massa saat berlangsungnya aksi unjuk rasa di Jayapura, Papua, Kamis(29/8)

 

KEPOLISIAN menetapkan seorang berinisial FBK sebagai tersangka dalam perkara kerusuhan di Papua dan Papua Barat. Karopenmas Mabes Polri. Brigjen Pol Dedi Prasetyo, mengatakan FBK diduga sebagai aktor intelektual dalam kerusuhan tersebut.

"Sudah ditetapkan tersangka baru, Kadiv (Humas Polri) juga sudah menyampaikan atas nama FBK. Dia masuk ke dalam kategori sebagai aktor intelektual di lapangan," kata Dedi di Mabes Polri, Jakarta Selatan, Senin (9/9).

Baca juga: Lokasi Veronica Koman Sudah Diketahui Polisi

Dedi menjelaskan, FBK menggerakkan beberapa tokoh yang tergabung dalam Aliansi Mahasiswa Papua pada beberapa wilayah di Jawa maupun yang terkoneksi di Papua dan Papua Barat.

"Dia menggerakkan dari sisi akar rumput, kemudian menggerakkan dari aktor lapangan kerusuhan yang ada di Jayapura maupun di beberapa wilayah di Papua," sebutnya.

Selain melakukan pergerakan secara langsung, FBK juga diduga turut serta melakukan aksinya di media sosial. Meskipun demikian, pihaknya akan melakukan penyelidikan sejauh mana peran FBK melalui media sosial. "Ada langsung, secara direct langsung, melalui komunikasi medsos itu kita sedang dalami semuanya," terangnya.

Mantan Wakapolda Kalimantan Tengah itu menambahkan, FBK ditangkap saat dalam perjalanan menuju Wawena, Papua.

"Yang bersangkutan ditangkap di Papua, ketika akan berangkat ke Wamena," pungkasnya. (OL-6)

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More