Senin 09 September 2019, 11:42 WIB

Efek Perluasan Ganjil Genap Dinilai Efektif

Tri Subarkah | Megapolitan
Efek Perluasan Ganjil Genap Dinilai Efektif

MI/Tri Subarkah
Petugas berjaga di Jl Pramuka di hari pertama pemberlakuan perluasan ganjil-genap.

 

PERLUASAN sistem ganjil genap yang diterapkan di 16 ruas jalan dinilai cukup efektif. Hal tersebut disampaikan Kasat Lantas Jakarta Timur AKBP Sutimin yang melihat perbaikan kepadatan lalu lintas di Jl Pramuka, Jakarta Timur.

"Kalau dilihat secara kasat mata, mendekati pukul 07.00, sebelum diberlakukan (sistem ganjil genap), saat sosialisasi, itu cukup padat yang dari Pemuda ke arah Pramuka, maupun yang arah belok kiri ke Jl Ahmad Yani," ungkapnya, Senin (9/9).

Pernyataan itu memperkuat hasil evaluasi uji coba perluasan sistem ganjil genap yang dilakukan sejak 7 Agustus hingga 9 September 2019.

Baca juga: Hari Pertama Perluasan Ganjil-Genap, Sejumlah Kendaraan Ditilang

Menurut Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Syafrin Liputo terjadi peningkatan dari sisi kecepatan lalu lintas dan waktu tempuh kendaraan.

"Dari sisi kecepatan lalu lintas itu meningkat 9.25%. Untuk waktu tempuhnya meningkat 12,85%, artinya cukup signifikan," ujarnya saat ditemui dalam kesempatan yang sama.

Syafrin juga mengatakan bahwa terjadi penurunan sebesar 25,25% untuk volume lalu lintas di ruas jalan yang terkena dampak ganjil genap. Sedangkan pihaknya menargetkan penurunan sebesar 40%. (OL-2)

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More