Senin 09 September 2019, 06:00 WIB

Perpustakaan TIM yang Ramah Anak

MEDIAINDONESIA | Humaniora
Perpustakaan TIM yang Ramah Anak

Dok.MI/Dhika
Perpustakaan TIM

 

PERPUSTAKAAN ramah anak pantas disematkan pada Perpustakaan Umum Daerah DKI Jakarta yang berlokasi di kompleks Taman Ismail Marzuki (TIM), Cikini, Jakarta Pusat. Lokasinya berada di sudut kompleks, bersebelahan dengan Planetarium Jakarta dan Galeri Cipta II.

Perpustakaan Umum DKI Jakarta memang memiliki program bulanan tidak hanya untuk anak-anak, tapi juga kalangan remaja dengan tema berbeda-beda.

"Baru-baru ini tema untuk anak-anak itu ada tema profesi sehingga anak-anak diberitahu profesi-profesi apa saja yang ada guna membuat imajinasi anak-anak lebih kuat lagi" ujar salah satu pustakawan, Rizky Amalia, kepada Media Indonesia, beberapa waktu lalu.

Selain buku dan beragam kegiatan bulanan, salah satu daya tarik perpustakaan ini ialah adanya lantai khusus untuk anak-anak yang berlokasi di lantai dua. Bukan hanya buku, melainkan disediakan pula ruang bermain lengkap dengan aneka macam media bermain hingga menggambar.

"Jadi, anak-anak bebas untuk memilih mau ngapain, mau bermain atau membaca? Jika mereka bosan untuk bermain, mereka akan membaca," tutur Rizky.

Sesekali, perpustakaan juga kedatangan sekolah yang membawa rombongan murid. Mereka akan diajak keliling perpustakaan dengan didampingi pegawai perpustakaan di sana.

Selain buku fisik, perpustakaan juga menyediakan buku daring (e-book) yang bisa dipinjam maksimal 3 hari. "Alamat buku online-nya bisa dibuka melalui iJakarta yang bisa di-download di Play Store dan bukunya bisa diunduh di sana," tambah pustakawan Mohamad Handi Khalifah.

Yasmin, salah satu pengunjung, sengaja datang bersama anak-anaknya ke Perpustakaan TIM karena lengkapnya fasilitas di sana hingga membuat sang anak lupa akan gawainya. Terkadang si anak justru yang minta ditemani ke sana. "Mau main sambil baca katanya," kata Yasmin.

Bagi remaja seperti Angel, hanya satu kekurangan Perpustakaan TIM. Siswa kelas 2 SMP itu meminta agar pengelola menambah jumlah komputernya. "Biar lebih gampang untuk browsing dan ngerjain tugas di sini," ujarnya. (*/H-2)

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More