Minggu 08 September 2019, 19:00 WIB

Pembagian Bibit Tanaman Gratis ada di Setiap Provinsi

Sri Utami | Humaniora
Pembagian Bibit Tanaman Gratis ada di Setiap Provinsi

youtube
Kepala Biro Hubungan Masyarakat Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK), Djati Witjaksono Hadi

 

KEMENTERIAN Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) telah lama membagikan bibit tanaman berupa pohon buah dan pohon kayu di seluruh provinsi. Pemberian bibit tanaman secara gratis tersebut dilakukan oleh Balai Pengelolaan Daerah Aliran Sungai dan Hutan Lindung (BPDASHL) di seluruh provinsi.

Kepala Biro Hubungan Masyarakat Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK), Djati Witjaksono Hadi, mengatakan setiap BPDASHL di setiap daerah menghasilkan lebih dari satu juta bibit pertahunnya. Bibit tersebut diberikan kepada masyarakat untuk melakukan penghijauan di berbagai tempat.

Baca juga: Tips Olahraga Tanpa Cedera

"Memang sudah sejak dulu KLHK selalu menyediakan berbagai bibit pohon di Persemaian Permanen yang dimiliki Balai Perbenihan Tanaman Hutan (BPTH) Ditjen Pengelolaan Daerah Aliran Sungai dan Hutan Lindung (PDASHL) di seluruh daerah," ujarnya, Minggu (8/9).

Dari program tersebut, banyak mayarakat yang antusias dengan tujuan melakukan penghijauan lingkungan warga, sekolah, kantor dan sebagainya.

"Mereka dapat mengajukan surat kepada Kepala Balai Pengelolaan DAS dan Hutan Lindung, dan mengambil bibitnya ke persemaian  permanen yang ada di BPDASHL seluruh Indonesia.  Untuk wilayah Jabodetabek dapat ke BPDASHL Citarum Ciliwung dan persemaian permanen ada di Cimanggis dan Kampus IPB Darmaga," terangnya.

Bibit yang dibagikan tersebut hanya tanaman berkayu termasuk tanaman buha-buahan.  "Hanya tanaman berkayu termasuk buah-buahan dan tidak ada bunga," imbuhnya.

Untuk mendapatkan bibit tanaman gratis tersebut, masyarakat dapat mengajukan permintaan dengan memberikan bukti KTP. Sedangkan, untuk permintaan dalam jumlah besar, pihak yang membutuhkan harus membuat surat permohonan yang dilengkapi dengan jenis dan jumlah pohon,  lokasi penanaman, peruntukan dan identitas diri. (OL-6)

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More