Minggu 08 September 2019, 10:15 WIB

Jambore Nasional VW Siap Digelar di Buperta Cibubur

Nurtjahyadi | Otomotif
Jambore Nasional VW Siap Digelar di Buperta Cibubur

MI/Nurtjahyadi
Konferensi pers Jambore Nasional VW

VOLKSWAGEN Indonesia Assoiation (VIA) mengumumkan akan menggelar Jambore Nasional (Jamnas) VIA yang ke-50, mengusung tagline 'Bersatu-Bersaudara'.

Jamnas tahunan ini merupakan ajang silaturahmi bagi para klub, komunitas, dan pecinta privateer VW klasik di seluruh Indonesia.

Rencananya, Jamnas VIA ke-50 akan berlangsung selama tiga hari pada 27-29 September 2019 di Bumi Perkemahan - Buperta Cibubur, Jakarta Timur.

Kegiatan ini merupakan hasil kolaborasi beberapa klub, komunitas, dan privateer pecinta VW di wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi, dan Bandung (Jabodetabekban).

Kegiatan jamnas ini sendiri diberi tajuk 'VolksWOWgen Days' yang terinspirasi dari situasi dan kondisi kekinian dari masyarakat untuk menguatkan akar dan rasa persatuan di kalangan penggemar VW, khususnya dan komunitas otomotif pada umumnya di Indonesia.

Hal itu diungkapkan Ketua Pelaksana Jamnas VIA ke-50 Didit Soedarto dalam acara konferensi pers di kawasan Tebet, Jakarta, Sabtu (7/9).

Baca juga: Daihatsu Urban Fest di Yogyakarta

Kegiatan jambore kali ini, menurut Didit, akan dibagi dalam dua acara, yaitu acara utama dan acara pendukung.

Acara utama terdiri dari kontes kendaraan yang digelar indoor (tenda) dan out door, kemudian displai dan bursa VW, bursa spare parts dan merchandise, food truck dan festival kuliner, pergelaran seni budaya Betawi dan aneka permainan, sarasehan VW Indonesia, camping keluarga, dan program lingkungan, mengurangi sampah plastik.

Tidak lupa digelar kegiatan sosial kemasyarakatan, seperti donor darah, wisata 100 anak yatim dan keluarga VW ke Transpark Bekasi, serta pengumpulan baju, mainan, dan bacaan bekas laik pakai. Ada juga penanaman pohon penghijauan bersama Departemen Pertanian.

Program acara pendukung terdiri dari Motorsport, Drive in Theater VW, lomba fotografi dan game online, gowes bareng, senam jasmani, pameran drone dan aeromodeling plus terjun payung, demo masak, dan Beetle Camp (menghadirkan berbagai model dan tahun 'VW kodok' dari generasi awal hingga terakhir).

Masuk dalam acara pendukung VIA juga mengundang partisipasi klub otomotif lain, seperti Mercedes-Benz Club Indonesia (MBCI), Harley-Davidson Club Indonesia (HDCI), Klasik Retro (Katro), Euro Retro, Nu Volks, Holden Indonesia, Perhimpunan Penggemar Mobil Kuno Indonesia (PPMKI) dan lain-lain.

Panitia Jamnas VIA ke-50 menargetkan 4.000-an anggota yang akan hadir bersama 2.000 unit Volkswagen dari berbagai jenis dan tahun pembuatan dari seluruh penjuru Nusantara.

Sudah menjadi tradisi, kegiatan kali ini akan mendisplai sektar 100 unit VW terbaik di Indonesia.

Didit mengatakan, dalam acara jamnas nanti panitia akan menghadirkan mobil Volkswagen yang pernah dimiliki oleh Presiden Republik Indonesia Pertama Ir Soekarno.

"Bung Karno sudah sejak awal menggemari mobil VW. Yang akan kita tampilkan nanti adalah model Karman Ghia yang saat ini dimiliki dan dirawat oleh Didi Wiroto," ujar Didit kepada Media Indonesia. (OL-2)

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More