Sabtu 07 September 2019, 21:15 WIB

PGN Bolehkan Pelanggan Jargas di Medan Cicil Bayar Tagihan

Yoseph Pencawan | Nusantara
PGN Bolehkan Pelanggan Jargas di Medan Cicil Bayar Tagihan

Antara
Jaringan pipa gas bumi Perusahaan Gas Negara (PGN) terpasang di salah satu warung di kawasan Medan Denai, Sumatra Utara, Senin (22/4/2019).

 

PT Perusahaan Gas Negara Kantor Area Medan mengeluarkan kebijakan khusus bagi pelanggan Jargas yang belum membayar tagihan mulai Februari sampai dengan Juni 2019.

Sales Area Head PT PGN, Tbk. Area Medan Saiful Hadi mengatakan, pihaknya telah membuat kebijakan khusus terkait pembayaran tagihan Jargas, yakni dengan cara mencicil.

"Kebijakan ini tujuannya untuk meringankan pelanggan. Bisa jadi pelanggan ada yang merasa tagihannya besar, jadi kami meringankannya dengan cicilan," kata dia, Sabtu (7/9).

Skema cicilan tersebut antara lain, untuk besaran tagihan Rp0-Rp50 ribu dapat dicicil dua kali ditambah dengan tagihan berjalan. Dan untuk tagihan Rp50 ribu-Rp100 ribu, bisa dicicil tiga kali.

Dia mengatakan hal ini terkait dengan pelanggan Jargas yang merasa tagihannya lebih mahal dari perkiraan.

Dia menjelaskan, pelanggan di Medan dan Deliserdang sudah ada yang menikmati Jargas sejak Februari 2019. Namun baru pada Juli 2019 PGN menerbitkan tagihan sehingga pemakaian bukan melonjak, tetapi kumulatif dari bulan-bulan sebelumnya.

Mengapa PGN menerbitkan tagihan mulai Juli? Karena, jelasnya, pada awal pelanggan Jargas mulai aktif, PGN belum menetapkan harga. Adapun tarif Jargas baru ditetapkan pada Mei.

Menurut dia, pihak PGN sudah menjelaskan hal ini ke pelanggan. Selain itu, PGN juga telah membuat kebijakan khusus, yakni menawarkan mekanisme pembayaran dengan cara mencicil.

Baca juga: Pemerintah Gandeng Grab Luncurkan Grab Toba

Pelanggan Jargas adalah pelanggan Jaringan Gas Bumi untuk Rumah Tangga. Pelanggan Jargas terdiri dari dua kategori yaitu R1 dan R2, yang mana PGN menentukan kategori tersebut berdasarkan golongan pelanggan listrik.

Bila pelanggan termasuk pengguna listrik 1.300 kwh ke bawah, dimasukkan ke pelanggan R1. Dan pengguna listrik 1.300 kwh ke atas masuk ke pelanggan R2. Namun pembagian pengategorian tersebut berbeda dengan pelanggan gas industri.

Adapun tarif gas bumi Jargas untuk pelanggan R1 adalah sebesar Rp4.250 per meter kubik. Sedangkan untuk pelanggan R2 sebesar Rp6.250 per meter kubik. Sampai dengan akhir Juli 2019, PGN memiliki total 30.765 pelanggan Jargas di Kota Medan dan Kabupaten Deliserdang.(X-15)
 

 

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More