Jumat 06 September 2019, 20:44 WIB

Lakukan Reformasi Ketenagakerjaan dari Hulu sampai Hilir

Mediaindonesia.com | Ekonomi
Lakukan Reformasi Ketenagakerjaan dari Hulu sampai Hilir

Antara
Sekretaris Jenderal PP KAGAMA Ari Dwipayana (kiri) saat mendampingi Presiden Jokowi (tengah) beberapa waktu lalu.

 

KELUARGA Alumni Universitas Gadjah Mada (KAGAMA) akan kembali menggelar Seminar Pra-Munas KAGAMA pada Sabtu (7/9) di Balikpapan, Kalimantan Timur. Seminar kali ini bertajuk Ketenagakerjaan dan Sumber Daya Manusia Indonesia Menghadapi Revolusi Industri 4.0.

Sekretaris Jenderal PP KAGAMA, AAGN Ari Dwipayana mengatakan, Indonesia menghadapi tantangan persaingan ekonomi antar-negara yang semakin sengit. Dalam persaingan itu kekuatan SDM atau sumber daya manusia menjadi kunci.  

Baca juga: Tekan Defisit BPJS Kesehatan, Pemerintah Diminta Lirik Teknologi

"Itulah sebabnya reformasi sektor ketenagakerjaan dari hulu sampai hilir merupakan keharusan. Apalagi, 51% tenaga kerja kita adalah lulusan SD," ujar Ari dalam keterangan pers yang diterima Media Indonesia di Jakarta, Jumat (6/9).

Ia juga menyinggung mengenai persoalan struktural di hulu yakni belum tersambungnya antara output sistem pendidikan dengan kebutuhan dunia usaha dan dunia industri. "Tanpa pembenahan pendidikan akan menyisakan masalah pada kualitas tenaga kerja Indonesia," imbuhnya.

Lebih jauh dikatakan, tenaga kerja Indonesia membutuhkan lompatan untuk menguasai emerging skill seperti artificial intelligent atau kecerdasan buatan, cloud computing atau komputasi awan, big data analytics atau analisis data berskala besar, dan internet of things.

"Seperti disampaikan Presiden Jokowi, dunia tidak semata sedang berubah tetapi sedang terdisrupsi. Di era disrupsi ini kemapanan bisa runtuh ketidakmungkinan bisa terjadi. Kita harus menyiapkan diri menghadapi era disrupsi dengan memperkuat emerging skill,” cetusnya.

Seminar Pra-Munas KAGAMA kali ini akan dihadiri Menteri Ketenagakerjaan Muhammad Hanif Dhakiri sebagai keynote speaker dan sejumlah pembicara seperti Direktur Eksekutif Migrant CARE dan pengirim pemagangan ke Jepang.

Seminar ini merupakan rangkaian seminar nasional di lima kota lima pulau (Medan, Balikpapan, Semarang, Manado, dan Bali) untuk menyambut Munas XIII KAGAMA yang dilaksanakan di Bali pada 15-17 November 2019.  Pada MUNAS tersebut, Presiden Joko Widodo, alumnus Fakultas Kehutanan UGM dijadwalkan hadir dan membuka acara secara resmi. (*/A-5)

Baca Juga

Antara/M Risyal Hidayat

Dibuka Besok, IHSG Diprediksi Melemah

👤Despian Nurhidayat 🕔Senin 25 Mei 2020, 18:08 WIB
Analis menilai pergerakan IHSG berpotensi rebound pada akhir pekan. Namun, sentimen dari pasar keuangan global patut...
MI/Vicky Gustiawan

Produksi Pertanian dan Sayuran Meningkat, Ekspor Tumbuh Positif

👤mediaindonesia.com 🕔Senin 25 Mei 2020, 17:28 WIB
Pihaknya, berharap momen pandemi ini menjadi momentum untuk makin cinta produk petani...
DOK KEMENTAN

Yuk, Coba Pangan Lokal Hasil Pekarangan untuk Lebaran

👤mediaindonesia.com 🕔Senin 25 Mei 2020, 17:12 WIB
Sebab melalui cara pangan dari pekarangan, kebutuhan pangan keluarga secara swadaya bisa dipenuhi dan mendukung gerakan yang lebih besar...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya