Jumat 06 September 2019, 14:00 WIB

Andreescu Tantang Williams di Final AS Terbuka 2019

Yakub Pryatama Wijayaatmaja | Olahraga
Andreescu Tantang Williams di Final AS Terbuka 2019

AFP/Clive Brunskill/Getty Images
Petenis Kanada Bianca Andreescu usai menghempaskan petenis Swiss Belinda Bencic dengan skor 7-6 (7/3), 7-5

PETENIS muda tunggal putri Bianca Andreescu kembali tampil menakjubkan setelah mampu menghempaskan petenis Swiss Belinda Bencic dengan skor 7-6 (7/3), 7-5, dalam laga semifinal AS Terbuka 2019, Jumat (6/9).

Penampilan Andreescu di AS Terbuka tahun ini begitu luar biasa. Ia menjadi petenis remaja terbaik tahun ini karena bisa tembus final di ajang sekaliber AS Terbuka diusia 19 tahun.

Ia pun menjadi debutan keempat yang mencapai semifinal dalam Open Era History. Selanjutnya, petenis muda Kanada ini akan menantang juara grand slam 23 kali, Serena Williams, untuk gelar AS Terbuka.

Andreescu yang melakukan debut di semifinal AS Terbuka, mampu menyelamatkan satu set poin pada set pembuka melawan semifinalis grand slam dan unggulan ke 13, Bencic, sebelum menyudahi tie-break.

Dia tertinggal dua break pada 5-2 di set kedua tetapi ia mampu mengembalikan keadaan dan membuat pertandingan ulang lawan Williams seperti saat final di Toronto, Agustus lalu.

Andreescu yang berusia 19 tahun merupakan finalis grand slam petenis putri kedua dari Kanada setelah Eugenie Bouchard yang pernah merasakan di Wimbledon pada 2014. Namun, ia harus menaklukkan Williams jika ingin jadi juara grand slam perdana.

Terakhir, petenis putri yang sukses juara di Flushing Meadows dan masih berusia 19 tahun ialah Maria Sharapova pada 2006 silam.

"Itu nyata. Saya benar-benar tidak tahu harus berkata apa. Ini mimpi yang menjadi kenyataan bermain lawan Serena di final AS terbuka. Ini gila, ini gila," tutur Andreescu.

"Saya pikir hasil ini merupakan kerja keras yang saya lakukan selama bertahun-tahun. Jika seseorang mengatakan kepada saya setahun yang lalu saya akan berada di final AS Terbuka tahun ini, saya akan mengatakan kepada mereka bahwa mereka gila," tambahnya.

Baca juga: Andreescu Melaju ke Semifinal AS Terbuka

Publik terpikat oleh remaja karismatik yang berlatih meditasi selama waktu luangnya dan tidak pernah kalah dalam pertandingan sejak 1 Maret.

Pam Shriver, yang mencapai final AS Terbuka pada debutnya tahun 1978, mengatakan banyak orang yang akan mendukung Andreescu bisa berbicara banyak di AS Terbuka.

"Banyak orang memilihnya sebagai salah satu favorit mereka untuk menang," ujarnya kepada USOpen.org.

"Cara dia memenangkan Indian Wells, cara dia memenangkan Piala Rogers, dia petenis yang terbukti hebat," tambahnya.

Andreescu akan bertemu Williams yang tengah mengincar gelar ketujuhnya di New York pada partai final tunggal putri AS Terbuka, Sabtu (7/9).(ATP/OL-5)

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More