Jumat 06 September 2019, 04:20 WIB

Hanya Fajar/Rian yang Tersisa di Ganda Putra

mediaindonesia | Olahraga
Hanya Fajar/Rian yang Tersisa di Ganda Putra

MI/RAMDANI
Pebulu tangkis ganda putra Indonesia Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto

HINGGA hari ketiga Taiwan Terbuka 2019, Indonesia kini hanya diwakili Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto di nomor ganda putra. Dua wa-kil lainnya, yaitu Sabar Karyaman Gutama/Frengky Wijaya Putra dan Wahyu Nayaka Arya/Ade Yusuf Santoso, yang sebelumnya mampu lolos ke babak kedua, gagal merebut tiket masuk perempat final.

Fajar/Rian yang merupakan unggulan pertama bisa melaju ke babak ketiga setelah mengalahkan pasangan tuan rumah Lee Jhe-Huei/Yang Po-Hsuan dengan skor 21-19 dan 21-18, kemarin. Di semifinal, Fajar/Rian akan berhadapan dengan pasangan nonunggulan asal Denmark Mathias Boe/Mads Conrad-Petersen.

Situasi serupa juga dialami Shesar Hiren Rhustavito yang turun di nomor tunggal. Dia harus berjuang sendiri dan di perempat final pada hari ini. Shesar menang dari wakil Malaysia yang juga unggulan keempat Lee Zee Jia dengan skor 21-16 dan 22-20. Di babak perempat final Shesar akan melawan Tanongsak Saensomboonsuk.

Di awal sebenarnya ada tiga pemain tunggal putra lainnya yang dikirimkan Indonesia, termasuk Tommy Sugiarto. Namun, mereka gugur sejak babak pertama.

Di sektor tunggal putri, masih ada banyak harapan untuk bisa mendapatkan gelar juara karena Indonesia memiliki dua wakil yang tersisa, yakni Gregoria Mariska Tunjung dan Fitriani.

Selanjutnya, Gregoria menantang Sung Ji-Hyun yang merupakan unggulan keempat asal Korea Selatan. Fitriani melawan Supanida Katethong asal Thailand.

Begitu juga di ganda putri yang mengandalkan Siti Fadia Silva Ramadhanti/Ribka Sugiarto dan Greysia Polii/Apriyani Rahayu.

Selain itu, di ganda campuran masih ada tiga wakil Indonesia yang bisa melaju ke perempat final. Mereka ialah Hafiz Faizal/Gloria Emanuelle Widjaja, Tontowi Ahmad/Winny Oktaviani, dan Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari.

Dari Tanah Air, pasangan ganda putra Indonesia Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo yang tidak ikut ke Taiwan sempat dipertanyakan performanya. Apalagi mereka sempat gagal menyabet medali emas di Kejuaraan Dunia 2019 pada bulan lalu. Di beberapa turnamen lainnya pun pasangan yang dijuluki Minions itu tersingkir sebelum menyentuh babak final.

Meski demikian, sang pelatih, yakni Herry Iman Perngadi membantah adanya penurunan performa keduanya. "Penampilan Marcus/Kevin tidak menurun, masih stabil. Buktinya masih berada di posisi rangking satu dunia sampai sekarang selama dua tahun terakhir," kata Herry. (*/Ant/R-3)

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More