Kamis 05 September 2019, 22:05 WIB

Kemenkominfo Sediakan Platform Cari Kerja

Antara | Ekonomi
Kemenkominfo Sediakan Platform Cari Kerja

Antara Foto/Hafidz Mubarak A
Menkominfo Rudiantara

 

KEMENTERIAN Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo), Kamis (5/9) meluncurkan platform bursa kerja bidang teknologi informatika, terutama untuk lulusan program Digital Talent, bernama Simonas.

"Indonesia, mulai dari 2015-2016, membutuhkan sekitar 9 juta talenta digital," kata Menkominfo Rudiantara saat acara peresmian di Jakarta.

Sistem Informasi Monitoring Alumni Sertifikasi atau Simonas, merupakan platform untuk mempertemukan tenaga dalam bidang teknologi informatika dengan perusahaan. Pengguna dapat bergabung ke platform ini sebagai pencari kerja atau pencari tenaga kerja.

"Kecakapan digital masa depan yang jadi fokus dts (digital talent scholarship), dan DTS menyediakan ekosistem dari hulu ke hilir yang (nantinya) bisa ditemukan di Simonas," ujar Rudiantara.

Baca juga: Ekonomi Digital Jadi Pendorong Inklusi Keuangan Indonesia

Sama seperti platform pencarian kerja lainnya, pencari kerja dapat mengunggah profil dan curriculum vitae di Simonas dan mendaftar ke perusahaan yang sedang membuka lowongan kerja sesuai dengan keahlian mereka.

Sementara bagi industri, mereka dapat memberikan informasi mengenai talenta seperti apa yang mereka butuhkan di perusahaan. Kepala Badan Litbang SDM Kominfo, Basuki Yusuf Iskandar, menyatakan saat ini ada sekitar 50 perusahaan yang bergabung dengan platform Simonas.

Platform ini tidak hanya dapat digunakan oleh alumni program Digital Talent Kominfo, publik juga dapat mendaftar sebagai pencari kerja di Simonas.
Staf Ahli Kominfo Bidang Kebijakan Digital Dedy Permadi menyatakan platform Simonas dapat digunakan secara gratis. (R-3)

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More