Kamis 05 September 2019, 21:10 WIB

Evaluasi Putaran Pertama Liga 1 2019, LIB Siap Berbenah

Yakub Pryatama Wijayaatmaja | Sepak Bola
Evaluasi Putaran Pertama Liga 1 2019, LIB Siap Berbenah

ANTARA/M RISYAL HIDAYAT
Pemain Persebaya Surabaya David Da Silva (kanan) melakukan selebrasi usai mencetak gol ke gawang Bhayangkara FC.

 

OPERATOR Liga atau PT Liga Indonesia Baru (LIB) melakukan evaluasi paruh musim Liga 1 2019.  Evaluasi yang diadakan di Hotel Sultan, Senayan, Jakarta pada Kamis (5/9) itu juga diikuti para petinggi klub Liga 1.

Pelbagai hal selama bergulirnya 17 pekan kompetisi dipaparkan dan diberi solusi terbaik agar tak terulang pada putaran kedua.

Permasalahan dalam putaran pertama yang paling disorot ialah jadwal kompetisi yang tidak ideal. LIB hanya punya waktu enam bulan untuk mempertandingkan 34 pekan pertandingan dan itu sudah terpotong libur Idul Fitri dan FIFA Matchday.

Total ada Sembilan pertandingan yang tertunda di paruh pertama Liga 1.

Baca juga: BOPI segera Evaluasi Liga 1

Contohnya, laga tunda yang dialami Persija dan PSM. Untungnya klub menyadari tantangan yang sama-sama dihadapi. Semua pihak klub, LIB, maupun PSSI mencari jalan terbaik untuk itu.

“Kami akan upayakan jadwal liga nanti dan FIFA Matchday akan bisa terhubung dengan baik,” ujar Dirk Soplanit, selaku direktur utama interim PT LIB.

Selain itu, LIB juga menyoroti perihal kisruh kontrak antara sejumlah pemain asing dengan pihak klub.

“Kami terutama PSSI sebagai federasi berupaya untuk memfasilitasi ketia ada kontrak-kontrak pemain asing dari klub. Kami akan menyiapkan pengacara-pengacara yang punya pemahaman yang lebih baik tentang kontrak yang sifatnya internasional supaya tak terjadi kesalahpahaman klub dan pemain,” tutur Dirk.

Kisruh itu harus diselesaikan agar para pemain dan klub bisa saling menghormati kontrak.

Salah satu kasus masalah kontrak pemain asing terjadi di klub Persija dengan Bruno Matos.

Kontrak pemain asal Brasil itu diputus kontraknya pada akhir Agustus silam, padahal Bruno mengatakan belum menerima pembatalan kontrak secara resmi.

Dirk pun mengaku, pihak-pihak klub Liga 1 merasa rangkaian putaran pertama liga telah berjalan dengan semestinya tanpa ada gangguan berarti. (*/A-3)

 

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More