Kamis 05 September 2019, 15:22 WIB

Kekeringan, Harga Cabai Tembus Rp90 Ribu per Kg di Palangkaraya

Surya Sriyanti | Nusantara
Kekeringan, Harga Cabai Tembus Rp90 Ribu per Kg di Palangkaraya

MI/Surya Sriyanti
Cabai rawit langka di Kota Palangkaraya.

 

Sudah tiga hari ini harga cabai rawit di sejumlah pasar tradisional di Palangka Raya, Kalteng, melonjak tajam. Di Pasar besar Palangka Sari, harga cabai rawit yang semula dijual dengan harga Rp60 ribu per kg melonjak jadi Rp90 ribu per kg.

Dari pantauan di Pasar Besar Palangka Sari, Kamis (5/9), para pedagang mengeluhkan kenaikan harga ini. Mereka mengeluh tingginya harga membuat omzet menurun karena warga mengurangi pembelian.

Rahman, salah seorang pedagang cabai rawit di Pasar Besar Palangka Sari, salah satu yang mengeluhkan harga cabai rawit. Sebelumnya hanya Rp60 ribu per kg tetapi saat ini naik menjadi Rp90 ribu per kg.

"Ini akibat Kekeringan maka banyak tanaman cabai yang mati dan rusak. Bahkan tiap hari harga cabai naik Rp10 ribu per kg," keluhnya.

Akibatnya, saat ini penjualan menjadi turun karena pembeli mengurangi pembelian cabai akibat mahalnya harga cabai. Saat ini, kata pria asal Jawa Timur ini, dalam satu hari untuk menjual 5 kg cabai sangat sulit. Padahal biasanya sehari bisa laku antara 7-10 kg.

Selain mahal ia mengeluhkan pasokan cabai rawit yang terbatas dan langka. Kondisi ini diperparah lagi dengan kualitas barang juga tidak terlalu bagus sehingga cepat busuk. "Susah mencari barang yang bagus  di pemasok karena stoknya juga tidak ada," ujarnya.

Hal yang sama dikeluhkan Tiara Wati, pedagang makanan Jalan Rajawali Palangka Raya. Dia mengatakan harga mahal dan barangnya langka membuat dirinya hanya berani membeli sedikit.

"Harga cabai mahal ya terpaksa saya beli sedikit saja. Asal ada untuk pembeli makanan saya," ujarnya.

Dan dirinya tidak bisa menyalahkan petani kalau harga cabai mahal karena kondisi alam. "Kita berdoa saja mudah-mudahan harga cabai kembali murah," tuturnya. (SS/OL-10)

Baca Juga

MI/Rendy Ferdiansyah

Mulai Besok, Gubernur Babel Batasi Penerbangan Sehari Sekali

👤Rendy Ferdiansyah 🕔Minggu 29 Maret 2020, 12:33 WIB
Kebijakan tersebut diambil Erzaldi untuk menahan arus mobilisasi manusia dalam upaya memutuskan mata rantai penyebaran virus...
AFP/SONNY TUMBELAKA

Minggu Kedua April, Semua PDP Bali Dipindahkan ke RS PTN Jimbaran

👤Arnoldus Dhae 🕔Minggu 29 Maret 2020, 12:20 WIB
Seluruh PDP di Bali akan serentak dipindahkan dan dipusatkan di RSPTN Universitas Udayana minggu kedua April agar  penanganan PDP...
Antara

Pemkab Sukabumi Sterilisasi Akses Masuk di Perbatasan

👤Benny Bastiandy 🕔Minggu 29 Maret 2020, 10:40 WIB
Pemkab Sukabumi mensterilkan orang-orang yang masuk dan juga kendaraannya yang keluar dan masuk ke Sukabumi untuk menekan penyebaran...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya