Kamis 05 September 2019, 09:16 WIB

Pemerintah Gandeng Swasta Kembangkan Pelatihan Otomotif

Andhika Prasetyo | Ekonomi
Pemerintah Gandeng Swasta Kembangkan Pelatihan Otomotif

MI/HARYANTO MEGA
Ilustrasi--Enduro Student Program

 

BALAI Besar Pengembangan Latihan Kerja (BBPLK) Bandung dan Balai Besar Peningkatan Produktivitas (BBPP) Bekasi melakukan penandatanganan perjanjian kerja sama dengan PT Pertamina Lubricants terkait penyelenggaraan pelatihan terintegrasi kejuruan otomotif sepeda motor bagi wirausaha.

Pelatihan kewirausahaan terintegrasi dilaksanakan dalam kurun waktu lima hari kerja dengan total 40 jam pelajaran.

Adapun, pelatihan yang diterapkan meliputi pembinaan dan pendampingan produksi, pengurusan perizinan dan legalitas, pengelolaan SDM, sampai dengan pemberian akses untuk permodalan dan pemasaran produk.

Direktur Jenderal Pembinaan, Pelatihan, dan Produktivitas Kementerian Ketenagakerjaan Bambang Satrio Lelono mengungkapkan kebijakan tersebut sesuai dengan visi dan misi pemerintahan Joko Widodo yang ingin meningkatkan kualitas SDM dalam negeri.

"Kami harap pelatihan kerja sama oleh ketiga lembaga ini dapat berjalan baik, sehingga menghasilkan entrepreneur berkualitas yang mampu bersaing dari segi kompetensi maupun kemampuan kewirausahaan," ujar Bambang melalui keterangan resmi, Kamis (5/9).

Pelaksana Tugas Kepala BBPLK Bandung Tuti Haryanti mengatakan pihaknya saat ini tidak hanya bertujuan untuk menciptakan tenaga kerja industri yang andal tetapi juga ingin menyiapkan wirausahawan yang mampu menciptakan lapangan kerja sendiri.

Untuk memastikan hasil pelatihan sesuai dengan kebutuhan industri, BLK Bandung berkolaborasi dengan beberapa industri seperti PT Mitsubishi, Nissan, Mazda, dan Isuzu untuk kejuruan otomotif mobil serta PT Yamaha untuk kejuruan otomotif sepeda motor.

Baca juga: Pertamina Kelola 40% Produksi Migas Nasional di Semester I 2019

"Kami harap kegiatan ini bisa menjadi wadah komunikasi, koordinasi dan sinkronisasi kegiatan pelatihan kewirausahaan produktif sesuai dengan potensi dan kebutuhan daerah masing-masing, sehingga tercipta wirausaha-wirausaha produktif dan mandiri," katanya.

Sementara Direktur Finance & Business Support PT Pertamina Lubricants Andre Herlambang menyebutkan program yang dijalankan bersama BBPLK Bandung dan BBPP Bekasi itu merupakan bagian proyek pelatihan dan entrepreneurship perbengkelan roda dua Enduro Student Program.

"Enduro Student Program adalah sebuah upaya menciptakan tenaga muda produktif dan mandiri Indonesia. Program itu dilaksanakan di Ring I Production Unit Jakarta, Sales Region V Tuban dan Sales Region VI Balikpapan yang melibatkan 45 lulusan SMK asal 15 SMK terpilih," ucapnya. (OL-2)

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More