Kamis 05 September 2019, 10:25 WIB

Ruang Buku di Tempat Publik Dukung Literasi

put/J-2 | Megapolitan
Ruang Buku di Tempat Publik Dukung Literasi

Medcom.id
Suasana pengunjung Indonesia International Book Fair (IIBF) 2019 di Jakarta Convention Center, Jakarta

 

GUBERNUR Provinsi DKI Jakarta, Anies Baswedan, membuka Indonesia International Book Fair (IIBF) 2019 yang diselenggarakan di Jakarta Convention Center, Jakarta, Rabu (4/9). Pemerintah Provinsi DKI Jakarta menyambut baik dan mendukung penyelenggaraan IIBF 2019 yang berlangsung pada 4-8 September 2019.

"Kita harus dorong bagaimana literasi itu bukan menjadi program pemerintah, melainkan menjadi gerakan seluruh masyarakat. Pendekatannya adalah kemitraan. Ajak teman-teman (dan) pihak-pihak yang selama ini bekerja di dalam kegiatan literasi untuk bekerja bersama dengan pemerintah," ujar Anies dalam sambutannya.

Menurut Anies, peningkatan budaya literasi akan dilakukan di semua ruang/tempat di Jakarta, terutama di ruang ketiga. "Kita bangun transportasi publik dan kini sedang dirancang program untuk para penumpang MRT agar bisa pinjam buku di stasiun keberangkatan, dibaca di perjalanan, lalu dikembalikan di stasiun tempat tujuan. Kita juga akan bangun lebih banyak perpustakaan, tempat penjualan buku, dan pasar buku yang akan dikembangkan lebih jauh," ungkapnya.

Selain itu, Anies berpendapat promosi atas persoalan literasi juga yang harus dilakukan secara masif. Yang mengerjakan tak hanya pelaku-pelaku di bidang perbukuan dan pendidikan, tapi juga seluruh komponen.

"Literasi harus digaungkan sehingga menjadi masalah kita. Bukan masalah yang hanya dikelola oleh pemerintah. Jadi, harus kita dorong lebih banyak di semua aspek. Kami percaya pendekatan seperti ini akan sangat membantu kita dalam menumbuhkan tradisi literasi," tambahnya.

IIBF ke-39 merupakan pameran buku berkelas dunia yang diikuti peserta dari Malaysia, Inggris, Jerman, Korea, Mesir, dan Tiongkok. Selain pameran, digelar juga talk show dan pesta diskon.

Menurut Ketua Panitia IIBF 2019 Djaja Subagdja, event ini tidak hanya sebagai tempat bertransaksi buku, tapi juga tempat bertransaksi hak cipta. (put/J-2)

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More