Rabu 04 September 2019, 19:45 WIB

Di Jakbar, Lebih dari 50 Perusahaan tidak Daftar BPJS Kesehatan

Sri Utami | Megapolitan
Di Jakbar, Lebih dari 50 Perusahaan tidak Daftar BPJS Kesehatan

ANTARA/ADITYA PRADANA PUTRA
Petugas melayani warga di Kantor Pelayanan BPJS Kesehatan Jakarta Pusat, Matraman, Jakarta, Selasa (3/8).

 

LEBIH dari 50 perusahaan di Jakarta Barat tidak patuh mendaftarkan seluruh karyawannya menjadi peserta BPJS Kesehatan. 

Hal tersebut diungkapkan oleh petugas BPJS Kesehatan Jakarta Barat saat melakukan sosialisasi pentingnya menjadi peserta BPJS Kesehatan di kantor Media Grup, Rabu (4/9). 

"Masih ada lebih dari 50 (perusahaan)," ujar Ijang Awaludin. 

Ketidakpatuhan tersebut menurut Ijang terdiri dari dua kategori yakni belum mendaftar dan hanya mendaftarkan sebagin karyawan menjadi peserta BPJS. Kondisi ini biasanya akan ditindaklanjuti dengan melakukan pemeriksaan oleh tim khusus ke perusahaan yang tidak patuh tersebut.  

"Beberapa belum daftarkan atau sudah daftarkan tapi belum semua karyawannya didaftarkan. Biasanya ada petugas pemeriksa nanti akan follow up ke perusahaan dan diminta harus mendaftar jadi peserta BPJS Kesehatan," ujarnya. 

Baca juga: BPJS TK Tambah Penerima Beasiswa Anak Peserta Program Jaminan

Sosialisasi yang dilakukan tersebut lanjut Ijang merupakan upaya untuk memberikan pemahaman berbagai aturan termasuk menerima keluhan yang banyak ditemui oleh masyarakat. 

"Sosialisasi ini penting untuk semua karyawan tahu program ini secara jelas termasuk menampung berbagai kendala yang dihadapi yang selanjutnya kami tindaklajuti ke rumah sakit," imbuhnya. 

Secara umum peserta banyak menemukan kendala terkait pelayanan rumah sakit yang tidak sesuai dengan pelayanan yang seharusnya diterima oleh peserta BPJS Kesehatan. 

"Masalah yang banyak ditemui rerata soal pelayanan rumah sakit misalnya susah dapat kamar rawat, menunggunya lama. Sosialisasi ini juga untuk mengingatkan kembali bahwa BPJS ini wajib," tandasnya. (A-4)

Baca Juga

ANTARA/Galih Pradipta

Pemprov DKI Didesak Tiadakan HBKB

👤Putri Anisa Yuliani 🕔Jumat 03 Juli 2020, 04:30 WIB
Kegiatan luar ruang yang dihadiri puluhan ribu orang dikhawatirkan malah akan menjadi sumber penyebaran baru Covid-19 karena protokol...
123rf.com

Jack Lapian Diperiksa Pencemaran Nama Baik Pendiri Kaskus

👤Yakub Pryatama Wijayaatmaja 🕔Kamis 02 Juli 2020, 22:37 WIB
Polisi telah menetapkan Sekjen Cyber Indonesia Jack Boyd Lapian dan Titi Sumawijaya Empel (TSE) sebagai tersangka pencemaran nama baik...
AFP

Anies Diminta Jangan Tebang Pilih Tindak Hiburan Malam

👤 Insi Nantika Jelita 🕔Kamis 02 Juli 2020, 22:35 WIB
Aziz mengakui ada tempat hiburan malam seperti diskotek atau bar yang berkedok menjadi restoran selama masa pembatasan sosial berskala...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya