Kamis 05 September 2019, 09:20 WIB

Cara Mudah Membaca Buku Tebal

Marzuqi Abdillah | Weekend
Cara Mudah Membaca Buku Tebal

THINK STOCK/Tomwang112
Pembaca buku.

BUKU tebal menjadi tantangan yang tak mudah, bahkan bagi penghobi baca sekalipun. Butuh keberanian dan daya juang untuk sampai pada halaman penutup.

Mungkin zaman sudah berubah, buku digital berangsur muncul sebagai alternatif buku cetak. Berbanding terbalik dengan kesulitan yang masih berlaku untuk versi cetak maupun digital. Tantangan itu belum bergeser. Karena itulah membaca bisa menjadi momok mengerikan bagi sebagian orang. Barangkali tips dari Jeremy Anderberg dari artofmanliness.com (4/9) bisa dicoba.

1. Rencanakan
Berkaca pada pengalaman, Jeremy menyarankan untuk merencanakan buku berbeda untuk dibaca. Ia juga punya target untuk menyelesaikan berapa jumlah buku. Jeremy berencana untuk membaca 44 buku biografi presiden.
Ia mencontohkan dengan bacaan berbeda dalam satu kurun waktu, misalnya buku biografi presiden AS dipadu dengan novel Dickens. Ditambah lagi juga membaca buku dengan tema lain sebagai penyegar.

2. Tetapkan waktu bacaan dan halaman per hari
Salah satu kunci dalam mencapai rencana itu adalah menentukan gol besar. Penetapan itu untuk membantu fokus dan menjaga motivasi. Jeremy menjadwalkan membaca satu satu bab sehari untuk buku dengan rerata 10-20 halaman per bab. Untuk buku dengan bab yang punya jumlah halaman lebih banyak, Jeremy menetapkan waktu, biasanya 30 menit sehari.

3. Berinteraksi dengan teks
Menurut Jeremy, salah satu hal yang membantunya tetap terhubung dengan teks adalah berinteraksi dengan teks. Terutama ketika membaca buku yang panjang dan sulit. Ia selalu membaca dengan pensil dan buku catatan. Ia menggarisbawahi informasi menarik atau menulis ringkasan satu kalimat dari setiap bab atau bagian penting. Bahkan ia sampai membuat ilustrasi saat membaca Battle Cry of Freedom karya James McPherson. Cara ini mungkin sedikit susah untuk diterapkan ketika membaca buku digital, tapi masih memungkinkan.

4. Pilih edisi favorit
Banyak orang tidak nyaman dengan edisi buku yang dibaca hingga mempengaruhi kenyamanan. Cara ini efektif untuk membuat perbedaan besar dengan menyamankan diri dengan edisi tertentu. Pembaca bisa memilih versi apapun yang membuatnya nyaman, bisa dengan edisi ringkas, edisi kertas, edisi revisi, ataupun versi digital.

5. Siapkan kamus atau ensiklopedia
Ini akan sangat berguna ketika membaca buku tebal nan sulit. Bisa-bisa pembaca akan merasa bodoh ketika menjumpai istilah yang belum dimengerti. Akibatnya, jadi makin malas dan berat untuk melanjutkan pembacaan.

6. Lewati bagian sulit
Pastinya ada bagian buku yang sulit ketika membaca. Untuk mengatasinya, cukup dilewati atau dibaca cepat saja. Jangan sampai bagian sulit itu mempengaruhi mood membaca.

7. Manfaatkan momentum
Selesaikan satu buku besar dan sulit, momentum itu akan muncul. Ada perasaan bangga yang bakal mendongkrak percaya diri. Buku besar dan sulit saja bisa dihadapi, masa yang lain tidak. (M-4)

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More