Rabu 04 September 2019, 16:45 WIB

Sambut Haornas, Kemenkes Dorong Masyarakat Aktif Gerak

Atikah Ishmah Winahyu | Humaniora
Sambut Haornas, Kemenkes Dorong Masyarakat Aktif Gerak

Depkes.go.id
Direktur Kesehatan Kerja dan Olahraga Kementerian Kesehatan Kartini Rustandi

 

KEMENTERIAN Kesehatan turut memeriahkan Hari Olahraga Nasional (Haornas) ke-36 yang jatuh pada 9 September 2019. Peringatan Haornas 2019 mengusung tema Ayo olahraga, di mana saja kapan saja.

Direktur Kesehatan Kerja dan Olahraga Kementerian Kesehatan Kartini Rustandi menuturkan pada Haornas kali ini, Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) ingin mengajak masyarakat untuk rajin berolahraga di manapun dan kapanpun.

“Dalam rangka Haornas, kita mengingatkan kembali, mengajak kembali semua orang, ayo berolahraga! Ayo beraktivitas fisik!” tutur Kartini dalam konferensi pers di kantor Kementerian Kesehatan, Jakarta, Rabu (4/9).

Kartini menjelaskan, berdasarkan Riset Kesehatan Dasar (Riskesda) yang dilakukan oleh Badan Litbang Kementerian Kesehatan pada 2018 jumlah pengidap obesitas di Indonesia mencapai 21,80% dan overweight mencapai 13,60%. Sedangkan masyarakat yang tergolong kurang melakukan aktivitas fisik sebanyak 33,50%.

Padahal, dia menuturkan, tiga hal tersebut menjadi faktor dari munculnya penyakit tidak menular (PTM) yang kini jumlahnya juga semakin meningkat. Pada 2014, PTM seperti stroke, jantung, diabetes, dan hipertensi menjadi penyebab kematian tertinggi di Indonesia.

Baca juga: Haornas Momentum Majukan Prestasi

Oleh karena itu, Kartini mengajak masyarakat untuk menerapkan pola hidup sehat dengan cara paling murah dan mudah, yakni berolahraga minimal 30 menit per hari atau 150 menit per minggu untuk orang dewasa dan 60 menit per hari bagi anak-anak demi terciptanya SDM yang sehat, bugar, produktif dan berdaya saing.

“Kita dari sekarang selalu mengatakan ayo bergerak. Pak Jokowi mengatakan untuk yang akan datang kita juga ingin sumber daya manusia mampu bersaing. Kalau mampu bersaing harus sehat bugar produktif, kalau nggak produktif bagaimana bisa bersaing?” tegasnya.

Sebagai informasi, perayaan Haornas ke-36 akan berpusat di Kalimantan Selatan pada 4-9 September 2019. Sedangkan peringatan Haornas di Kemenkes akan digelar pada 6 September 2019 dengan melakukan olahraga bersama serta upacara pada 9 September 2019.

“Kemenkes tanggal 9 upacara, biasanya kan tanggal 17 kita tarik di tanggal 9 sekaligus merayakan Haornas. Pada tanggal 6 kami akan mengajak karyawan di sini untuk melakukan olahraga bersama,” tutupnya.(OL-5)

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More