Rabu 04 September 2019, 16:06 WIB

Anies Anggap Putusan MA Soal PKL di Trotoar Kedaluwarsa

Insi Nantika Jelita | Megapolitan
Anies Anggap Putusan MA Soal PKL di Trotoar Kedaluwarsa

MI/Bary Fathahilah
Calon pembeli memilih pakaian yang dijual pedagang kaki lima (PKL) di atas jembatan penyeberangan multiguna atau skybridge Tanah Abang

 

GUBERNUR DKI Jakarta Anies Baswedan menilai putusan Mahkamah Agung terkait Peraturan Daerah (Perda) Nomor 8 Tahun 2007 tentang Ketertiban Umum adalah hal yang kedaluwarsa.

Ia menyebut tidak perlu menjalankan putusan MA yang membatalkan kebijakan Pemprov DKI soal pedagang kaki lima (PKL) untuk berjalan di trotoar.

"Keputusan MA itu tidak melarang berjualan di trotoar. Itu mencabut kewenangan gubernur untuk mengatur penggunaan jalan. Sementara yang berjualan sudah tidak lagi di jalan," kata Anies di Balai Kota DKI Jakarta, Jakarta, Rabu (4/8).

Anies mengatakan bahwa para PKL sudah tidak lagi berjualan di ruas jalan di Jatibaru. Para PKL dipindahkan ke skybridge atau jembatan multi guna (JPM) Tanah Abang.

"Keputusan itu tidak berefek ke Jatibaru karena keputusannya muncul ketika Jatibaru tidak lagi digunakan untuk berdagang. Itu maksud saya dengan kedaluwarsa," ucap Anies

Baca juga: Anies Tegaskan Revitalisasi Trotoar bukan Biang Kemacetan

Ia menambahkan, "Saya sebenarnya enggak mau bahas, tapi ada pemahaman yang dianggap melarang berjualan di trotoar. Tidak ada,"katanya.

Untuk diketahui, MA telah memenangkan gugatan politikus Partai Solidaritas Indonesia (PSI) William Aditya dan Zico Leonard terhadap Peraturan Daerah (Perda) Nomor 8 Tahun 2007 tentang Ketertiban Umum. Di mana, melarang Pedagang Kaki Lima (PKL) berjualan di pinggir jalan atau trotoar. (A-4)

Baca Juga

MI/Andri Widiyanto

DKI belum Bisa Pastikan Pembukaan Tempat Wisata

👤Yanti Nainggolan 🕔Rabu 27 Mei 2020, 11:01 WIB
Pembukaan tergantung pada jenis tempat wisata. Tempat wisata dengan risiko penularan covid-19 paling kecil akan dibuka lebih...
MI/Susanto

MRT Jakarta Siap Jadi Model Transportasi di Masa New Normal

👤Putri Anisa Yuliani 🕔Rabu 27 Mei 2020, 10:31 WIB
“Kita sangat ketat menerapkan prinsip social distancing. Semua pengguna jasa harus melewati pemeriksaan suhu, pengaturan jarak...
ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A

Pemprov DKI Dapat Rp75 Juta dari Perusahaan Pelanggar PSBB

👤Kautsar Bobi 🕔Rabu 27 Mei 2020, 08:17 WIB
Besar kecil denda yang diberikan didasarkan pada tingkat pelanggaran yang dilakukan...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya