Rabu 04 September 2019, 16:06 WIB

Anies Anggap Putusan MA Soal PKL di Trotoar Kedaluwarsa

Insi Nantika Jelita | Megapolitan
Anies Anggap Putusan MA Soal PKL di Trotoar Kedaluwarsa

MI/Bary Fathahilah
Calon pembeli memilih pakaian yang dijual pedagang kaki lima (PKL) di atas jembatan penyeberangan multiguna atau skybridge Tanah Abang

 

GUBERNUR DKI Jakarta Anies Baswedan menilai putusan Mahkamah Agung terkait Peraturan Daerah (Perda) Nomor 8 Tahun 2007 tentang Ketertiban Umum adalah hal yang kedaluwarsa.

Ia menyebut tidak perlu menjalankan putusan MA yang membatalkan kebijakan Pemprov DKI soal pedagang kaki lima (PKL) untuk berjalan di trotoar.

"Keputusan MA itu tidak melarang berjualan di trotoar. Itu mencabut kewenangan gubernur untuk mengatur penggunaan jalan. Sementara yang berjualan sudah tidak lagi di jalan," kata Anies di Balai Kota DKI Jakarta, Jakarta, Rabu (4/8).

Anies mengatakan bahwa para PKL sudah tidak lagi berjualan di ruas jalan di Jatibaru. Para PKL dipindahkan ke skybridge atau jembatan multi guna (JPM) Tanah Abang.

"Keputusan itu tidak berefek ke Jatibaru karena keputusannya muncul ketika Jatibaru tidak lagi digunakan untuk berdagang. Itu maksud saya dengan kedaluwarsa," ucap Anies

Baca juga: Anies Tegaskan Revitalisasi Trotoar bukan Biang Kemacetan

Ia menambahkan, "Saya sebenarnya enggak mau bahas, tapi ada pemahaman yang dianggap melarang berjualan di trotoar. Tidak ada,"katanya.

Untuk diketahui, MA telah memenangkan gugatan politikus Partai Solidaritas Indonesia (PSI) William Aditya dan Zico Leonard terhadap Peraturan Daerah (Perda) Nomor 8 Tahun 2007 tentang Ketertiban Umum. Di mana, melarang Pedagang Kaki Lima (PKL) berjualan di pinggir jalan atau trotoar. (A-4)

Baca Juga

Antara

Polri Bantu Satgas Covid-19 Tracing Kasus Positif Kerumunan Rizieq

👤Yakub Pryatama Wijayaatmaja 🕔Selasa 24 November 2020, 17:32 WIB
Empat lokasi tersebut berada di Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Tebet, Petamburan dan Megamendung, Kabupaten...
ANTARA FOTO/ Reno Esnir

Anak-Menantu Rizieq Mangkir, Polisi: Kalau Tidak Hadir Rugi

👤Yakub Pryatama Wijayaatmaja 🕔Selasa 24 November 2020, 16:58 WIB
Jika anak dan menantu Rizieq tidak memenuhi panggilan untuk klarifikasi, akan memungkinkan bakal terbitnya surat perintah membawa langsung...
MI/M. Irfan

Wagub DKI Imbau Tokoh Agama Jadi Teladan Tes Covid-19

👤Selamat Saragih 🕔Selasa 24 November 2020, 16:48 WIB
Menurut Ariza, keteladanan dari para tokoh dan pimpinan sangat penting untuk bersama-sama mencegah penyebaran Covid-19 di...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya