Rabu 04 September 2019, 13:22 WIB

Ini Pengakuan Tersangka Sebelum Kecelakaan Cipularang

Syahrum Latupono | Nusantara
Ini Pengakuan Tersangka Sebelum Kecelakaan Cipularang

ANTARA/M Ibnu Chazar
Petugas mengevakuasi sejumlah kendaraan yang terlibat pada kecelakaan beruntun di Tol Cipularang KM 92 Purwakarta, Jawa Barat

 

SUBANA, pengemudi truk bermuatan yang menabrak sejumlah kendaraan di Tol Cipularang, Senin (2/9), dan yang telah dijadikan sebagai tersangka bercerita detik-detik sebelum kecelakaan terjadi.

Subana mengatakan truk yang dikemudikan rekannya, berinisial DH, mengalami rem blong sebelum terguling di Km 91 hingga mengakibatkan sejumlah kendaraan tidak bisa lewat.

"Ceritanya begini, teman saya (DH) itu tiba-tiba nyalip saya, terus sekitar tiga menit kemudian, dia ngebel (menelepon) saya. 'Mas, rem saya blong, Mas. Rem saya blong,'" kata Subana di salah satu rumah sakit di Purwakarta, Jawa Barat, Rabu (4/9).

Subana teringat saat DH merasa panik karena rem blong di medan jalan yang menurun tersebut.

Subana pun meminta DH untuk terus mencoba rem mobil yang dikemudikannya. Namun, rem mobil yang dikemudikan DH tidak bisa digunakan hingga akhirnya mobil tersebut diarahkan ke sisi kanan yang didominasi kencaraan kecil.

Baca juga: Polisi Tetapkan Sopir Truk Jadi Tersangka Kecelakaan Cipularang

"Karena kalo kiri itu banyak truk-truk pelan, kalau kanan kan mobil kecil larinya kencang-kencang, jadi akhirnya dia (belok) kanan nyelamatin diri. Tiba-tiba saya juga nggak kuat akhirnya saya ikutin dia karena khawatir," ungkap Subana.

Karena ingin mengejar rekannya DH, Subana mengaku memacu mobil truk yang dibawanya hingga akhirnya tidak bisa dikendalikan dan menabrak sejumlah kendaraan yang tertahan truk terguling yang dikemudikan DH.

"Kiri sudah ada mobil box, trus saya goyang kanan nyatanya kemudian di depan saya tuh udah duluan, pas dia sudah nabrak terus banting kiri, jadi saya berdoa nyelamatin teman-teman di depan ini," ungkap Subana.

Dalam kecelakaan tersebut DH dinyatakan meninggal. Polisi menetapkan Subana sebagai tersangka karena diduga lalai menyebabkan orang lain meninggal. (Medcom/OL-2)

Baca Juga

MI/SOLMI

Pencairan BLT Dana Desa Tersendat

👤BB/FB/BK/SL/YP/YH/MS/N-2 🕔Kamis 28 Mei 2020, 06:30 WIB
Musyawarah desa khusus digelar untuk menentukan siapa saja yang berhak menerima BLT yang besarnya Rp600 ribu per...
MI/Hijrah Ibrahim

35 Warga Gorontalo Tertahan di Ternate Sejak 8 Mei

👤Hijrah Ibrahim 🕔Kamis 28 Mei 2020, 06:07 WIB
35 warga Gorontalo tidak bisa masuk ke wilayahnya karena Pemprov Gorontalo masih melaksanakan PSBB sampai 29 Mei 2020. Mereka kini...
DOK MI

Tidak Pakai Masker di Banyumas akan Kena Sanksi Tegas

👤Lilik Darmawan 🕔Kamis 28 Mei 2020, 04:15 WIB
Seluruh toko juga harus mewajibkan karyawannya agar bermasker. Jika masih ditemukan karyawan tak bermasker, maka akan ada sanksi bagi toko...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya