Rabu 04 September 2019, 10:45 WIB

Facebook Hentikan Fitur Tag Suggestion Otomatis

Antara | Teknologi
Facebook Hentikan Fitur Tag Suggestion Otomatis

AFP/LOIC VENANCE
Logo Facebook

FACEBOOK kembali membuat pembaruan keamanan privasi di aplikasi jejaring sosial mereka. Yang terbaru, Facebook menghapus fitur "tag suggestion" untuk mengenali wajah teman secara otomatis di dalam foto atau video.

"Mulai hari ini, pengguna yang baru bergabung ke Facebook atau yang sebelumnya memiliki pengaturan 'tag suggestion' akan melihat pengaturan pengenal wajah (face recognition) dan mendapat informasi bagaimana cara kerjanya. Pengaturan 'tag suggestion', yang hanya mengatur apakah kami bisa menyarankan teman menandai Anda di foto atau video menggunakan pengenal wajah, tidak lagi tersedia," kata Kepala Riset Terapan Facebook AI, Srinivas Narayanan, dalam keterangan resmi di blog Facebook, dikutip Rabu (4/9).

Facebook mulai memberikan notifikasi ke pengguna mereka tentang "tag suggestion" di News Feed atau kabar Beranda, berisi penjelasan mengenai fitur baru dan cara mengaktifkan atau mematikan fitur.

Facebook tidak lagi secara otomatis menggunakan pengenal wajah di foto atau video, kecuali pengguna mengaktifkannya. Pengguna diberikan pilihan untuk mematikan atau menyalakan pengenal wajah, tidak otomatis seperti dulu.

Baca juga: Terapkan Praktik Internet Aman

"Pengguna masih bisa secara manual menandai teman. Namun, kami tidak lagi menyarankan Anda ditandai jika Anda tidak menyalakan pengenal wajah," kata Narayanan.

Facebook, sejak Desember 2017, menggunakan face recognition di foto. Pengguna akan secara otomatis disarankan menandai (tag) teman-teman yang berada di dalam foto tersebut.

Facebook juga menggunakan teknologi pengenal wajah untuk melindungi identitas penggunanya.

Facebook menjelaskan mereka tidak memberikan informasi terkait pengenalan wajah pengguna ke pihak mana pun, termasuk tidak menjual teknologi mereka. (OL-2)

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More