Selasa 03 September 2019, 16:23 WIB

Presiden Akan Bentuk Badan Otorita Urus Pemindahan Ibu Kota

Usman Kansong | Politik dan Hukum
Presiden Akan Bentuk Badan Otorita Urus Pemindahan Ibu Kota

ANTARA FOTO/Wahyu Putro A
Presiden Joko Widodo

 

PEMERINTAH akan membentuk badan otorita untuk menangani pemindahan Ibu Kota. Presiden Jokowi mengatakan pemerintah menilai tepat menyerahkan kepada satu badan otorita.

"Kita akan bentuk badan otorita untuk mengurus pemindahan Ibu Kota. Ini sedang diproses," kata Presiden Jokowi dalam silaturahim dengan pimpinan media di Istana Negara, Jakarta, Selasa (3/8).

Presiden menjelaskan pemerintah telah mempelajari pengalaman pemindahan Ibu Kota di negara-negara lain. "Di Malaysia, misalnya, menyerahkan  proses pemindahan pusat pemerintahan dari Kuala Lumpur ke Putra Jaya kepada BUMN,"  kata Presiden.

Baca juga: KPPOD Usul Bentuk Badan Otorita untuk Pemindahan Ibu Kota

Presiden Jokowi mengatakan pemerintah menilai tepat menyerahkan kepada satu badan otorita. Badan otorita, kata Presiden, misalnya, kelak mengurus peruntukkan tanah.

Presiden Jokowi telah meminta ijin kepada parlemen untuk memindahkan Ibu Kota. Presiden memutuskan Ibu Kota baru berlokasi sebagian di Kabupaten Penajam Paser Utara dan sebagian di Kabupaten Kutai Kertanegara. Pemerintah menyiapkan lahan seluas 180.000 hektar berstatus tanah negara.(OL-4)

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More