Selasa 03 September 2019, 14:19 WIB

DPR RI Harus Pertimbangkan Rekam Jejak Capim KPK

Putra Ananda | Politik dan Hukum
DPR RI Harus Pertimbangkan Rekam Jejak Capim KPK

Antara/Wahyu Putro
Presiden Joko Widodo (kanan) menyalami anggota Pansel Capim KPK di Istana Merdeka Jakarta, Senin (2/9).

 

WAKIL Ketua DPR RI Fadli Zon menyebut DPR RI akan memperhatikan rekam jejak semua calon pimpinan (capim) Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dalam menentukan pimpinan KPK mendatang. Hal itu dilakukan mengingat pentingnya jabatan sebagai posisi pimpinan KPK.

"Intinyna tentu rekam jejak, aspek integritas, kapasistas, kapabilitas dan tidak memiliki conflict of interest akan dipertimbangkan oleh komisi terkait dalam hal ini Komisi III DPR-RI," tutur Fadli saat ditemui di Komplek Parlemen Senayan, Jakarta, Selasa (3/9).

Terkait adanya kritik dari hasil kerja panitia seleksi (pansel) KPK, Fadli menilai Komisi III DPR RI akan mempertimbangkan seluruh aspek dan masukan-masukan yang masuk dari masyarakat. Fadi menilai, capim KPK harus memiliki integritas yang tinggi tentang pencegahan dan pemberantasan korupsi.

"Saya kira nanti teman-teman di Komisi III akan mengangkat dan mempertimbangkan itu pasti lah. karena ini persoalan yang penting untuk memerlukan integritas yang tinggi," ungkapnya.

Fadli melanjutkan, saat ini DPR RI tengah menunggu diserahkannya 10 nama capim KPK oleh pemerintah ke DPR RI secara resmi. Setelah itu Komisi III DPR RI akan segera melaksanakan tahapan fit and proper test untuk memilih lima dari 10 capim yang ada.

"Iya kita liat nanti. Nama-namanya kan belum masuk resmi yah," ungkap Fadli. (OL-09)

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More