Selasa 03 September 2019, 12:20 WIB

Dukung Kendaraan Listrik, BPPT Siap Gelar IEMS 2019

Siswantini Suryandari | Humaniora
Dukung Kendaraan Listrik, BPPT Siap Gelar IEMS 2019

Antara
Ilustrasi

 

BADAN Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) berinisiasi untuk menggelar acara Indonesia Electric Motor Show (IEMS) 2019 bertajuk Electric Vehicle for Smart Transportation'. Dikatakan Kepala BPPT Hammam Riza, gelaran IEMS merupakan wujud dukungan BPPT terhadap terbitnya Perpres Nomor 55 Tahun 2019 tentang Percepatan Program Kendaraan Bermotor Listrik (KBL) Berbasis Baterai untuk Transportasi Jalan.

"IEMS diselenggarakan atas inisiatif BPPT sebagai dukungan terhadap terbitnya Perpres Nomor 55 Tahun 2019 tentang Percepatan Program Kendaraan Bermotor Listrik (KBL). Ajang ini juga ditujukan untuk memperdalam pemahaman masyarakat Indonesia terhadap Kendaraan Bermotor Listrik (KBL) yang merupakan salah satu contoh disruptive technology terbaru," ujar Hammam di Kantor BPPT, Jakarta, Selasa (3/9).
 
Lebih lanjut disampaikan Hammam, sosialisasi terhadap masyarakat terkait  pentingnya kendaraan ramah lingkungan seperti KBL sangat dibutuhkan.

"IEMS juga menjadi bagian dari upaya BPPT dalam melakukan sosialisasi terhadap masyarakat terkait betapa pentingnya kendaraan ramah lingkungan. Khususnya agar mereka lebih memahami dampak positif dari penggunaan Kendaraan Bermotor Listrik (KBL)," terangnya.
 
IEMS 2019 akan digelar pada 4 dan 5 September 2019 di Balai Kartini Jakarta, serta puncaknya pada 7 September yang mengagendakan konvoi kendaraan listrik dari Kantor BPPT Thamrin Jakarta, sampai ke fasilitas BPPT di Kawasan Puspiptek Tangerang Selatan.
 
"Konvoi ini akan menjadi puncak rangkaian IEMS 2019. Iring-iringan kendaraan listrik akan dilakukan mulai dari Kantor BPPT Jakarta, menuju salah satu fasilitas charging station kendaraan listrik di Balai Besar Teknologi Konversi Energi (B2TKE) BPPT di Kawasan Puspiptek," papar Hammam.
 
Dalam IEMS tersebut, BPPT juga akan mengadakan seminar yang menghadirkan sejumlah narasumber, baik dari pemerintah, produsen, hingga pemerhati kendaraan listrik  agar bisa mengedukasi masyarakat terkait pentingnya kendaraan ramah lingkungan.

baca juga: DPR Kritik Sanksi bagi Peserta BPJS Usulan Sri Mulyani

Hammam menekankan BPPT terus mendukung Perpres Nomor 55 Tahun 2019 tentang Percepatan Program Kendaraan Bermotor Listrik (KBL) Berbasis Baterai untuk Transportasi Jalan. Ia pun berharap agar IEMS 2019 menjadi pembuka jalan bagi BPPT dalam mengoptimalisasi kesiapan untuk memasuki era Kendaraan Bermotor Listrik.
 
"Sehingga Indonesia tidak hanya menjadi pasar bagi kendaraan ramah lingkungan saja, namun juga memperoleh manfaat di berbagai sektor, termasuk ekonomi. Tentunya dengan semangat dan antusiasme yang tinggi agar kita mendapat kesempatan memperoleh manfaat lebih dalam berbagai hal termasuk ekonomi, dan tidak hanya sekedar menjadi pasar saja," pungkasnya. (OL-3)

 

Baca Juga

Dok NRC

Media Group News Perkuat Konvergensi

👤Ade Alawi 🕔Sabtu 11 Juli 2020, 23:09 WIB
Pelatihan ini diikuti 130 peserta yang terdiri dari koresponden Media Indonesia, Metro TV, Medcom.Id, dan jurnalis Harian Umum Lampung...
DOK MI

Masyarakat Dituntut Lebih Disiplin Terapkan Protokol Kesehatan

👤Bayu Anggoro 🕔Sabtu 11 Juli 2020, 22:10 WIB
"Banyak bukti ilmiah bahwa memakai masker dan jaga jarak dapat mencegah penularan," kata staf pengajar Departemen Ilmu Kesehatan...
Dok. Humas KLHK

Menteri LHK Minta Kapasitas Kebun Bibit Karanganyar Diperbesar

👤Ferdian Ananda 🕔Sabtu 11 Juli 2020, 19:25 WIB
Menurut Menteri Siti, upaya menyelamatkan kawasan hutan serta menjaga mata air dan waduk perlu didukung kebun bibit yang...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya